Mengenal Manfaat Luar Biasa Jintan Hitam

Mengenal Manfaat Luar Biasa Jintan Hitam

 

Black Seed atau jintan hitam (habatussauda) merupakan tanaman herbal berbiji yang sudah dikenal sejak ribuan tahun. Konon dikenal sebagai bahan untuk mengobati gangguan pencernaan. Dan tidak hanya itu Cleopatra juga memakainya untuk merawat kulit agar tetap lembut.

Jintan hitam kaya akan asam lemak tak jenuh dan asam lemak esensial (omega 3 dan omega 6). Selain itu jintan hitam memiliki 15 macam asam amino, protein, karbohidrat, crude fiber vitamin A, B1, B2, B6, C, E, niacin dan mineral seperti kalsium, besi, magnesium, potasium, dan selenium.

Karena kandungannya yang beragam jintan hitam dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, jintan mengandung asam linoleat dan linolenat keduanya merupakan nutrisi bagi sel otak, memperbaiki peredaran darah ke otak sehingga meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Jintan hitam juga dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Didalam jintan hitam terdapat kandung Nigellone yang bersifat antialergi. Jintan hitam juga mengandung minyak atsiri dan volatil yang dapat memperbaiki pencernaan. Pada jurnal farmasi Pakistan menyebutkan bahwa volatil dalam jintan hitam mampu membunuh bakteri Escherichia Coli dan Vibro Colera.

Kandungan yang beragam pada jintan hitam ternyata juga dapat memperlancar air susu ibu. Pada penelitian yang dilakukan Universitas Potchestroom pada tahun 1989 menjelaskan bahwa kandungan omega 3 dan 6 pada jintan hitam akan mempengaruhi perkembangan otak janin dan bayi.


Categories: Makanan Sehat

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.