Ternyata Makanan Bisa Menentukan Anda Merasa Stress atau Happy

Ternyata Makanan Bisa Menentukan Anda Merasa Stress atau Happy

“Tell me what you eat and I will tell you what you are”. Mungkin pembaca sekalian sudah sering dengar quotes semacam ini. Mulai dari “you are what you read”, “you are what you see”, “you are what you eat”, dan quotes senada lainnya. Quotes dari Brillat-Savarin ini adalah pernyataan yang memiliki makna tersendiri terkait kesehatan.

Kalau saat ini anda merasa galau, bisa jadi makan siang barusan penyebabnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ternyata makanan menentukan pikiran dan suasana hati. Makanan yang tidak sehat bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan psikis. Selain bahaya dari penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, dan sakit jantung, makanan yang anda makan dapat mempengaruhi pikiran dan mood anda sehingga pada akhirnya akan menurunkan produktivitas. Ikuti tips berikut ini agar suasana hati anda selalu positif sepanjang hari.

  1. Lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana
Ternyata Makanan Menentukan Anda Stress atau Happy (sdghealth)

Karbohidrat Kompleks (sdghealth)

Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang memiliki struktur yang sederhana, sehingga lebih cepat dan mudah dicerna. Contohnya adalah makanan-makanan bergula, roti putih, makanan cepat saji, atau makanan-makanan pengganti yang sudah diproses lainnya. Makanan-makanan seperti ini memang cepat menimbulkan rasa kenyang dan berenergi, tapi sifatnya yang mudah dan cepat dicerna membuat kadar gula di dalam tubuh juga akan cepat berkurang sehingga menyebabkan kita cepat merasa lemas dan tidak bersemangat lagi.

Karbohidrat kompleks memiliki struktur yang lebih rumit, sehingga akan dicerna secara lambat dan perlahan. Hal ini baik untuk tubuh, termasuk otak, karena akan mendapatkan suplai energi yang lebih tahan lama. Karbohidrat kompleks didapatkan dari buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, polong-polongan, dan gandum.

  1. Hindari lemak jahat
Ternyata Makanan Menentukan Anda Stress atau Happy (epicahealth)

Lemak Jahat Pada Makanan Cepat Saji (epicahealth)

Bila kandungan air pada otak dihilangkan, maka sekitar 60% bagian otak merupakan lemak, dan sekitar 20%-nya merupakan asam lemak esensial, yaitu omega-3 dan omega-6. Asam lemak esensial merupakan asam lemak yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga untuk memenuhi kecukupannya diperlukan asupan dari luar. Kandungan omega-3 didapatkan dari ikan, sedangkan omega-6 didapatkan dari biji-bijian, sayuran, dan minyak sayur.

Berhati-hatilah dalam memilih makanan yang berlemak, karena beberapa makanan mengandung “lemak jahat” yang akan menghambat omega-3 maupun omega-6 untuk ‘ambil posisi’ di otak sehingga akan menimbulkan efek berupa gangguan perasaan seperti depresi dan kesulitan berkonsentrasi atau berpikir. Lemak jahat banyak terkandung di sosis, keripik, cakes, dan juga makanan-makanan cepat saji.

  1. Sertakan juga makanan tinggi protein
Ternyata Makanan Menentukan Anda Stress atau Happy (functionalfitmag)

Makanan Tinggi Protein (functionalfitmag)

Otak terdiri dari kumpulan saraf-saraf, dimana di antara saraf-saraf ini terdapat zat yang berperan sebagai ‘pengantar pesan’, yang disebut dengan neurotransmitter. Neurotransmitter ini terdiri dari protein, terutama tryptophan. Tryptophan diketahui dapat memperbaiki suasana hati. Tryptophan terkandung dalam daging sapi, ikan, telur, susu, keju, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan seseorang menjadi apatis, merasa sedih, tidak bermotivasi, dan sulit untuk relaks.

  1. Banyak minum air putih
Air Mineral (mountainspring)

Air Mineral (mountainspring)

Sekitar 80% otak terdiri dari air. Bila asupannya kurang, maka akan terjadi dehidrasi. Pada dehidrasi, terdapat gejala psikis berupa gelisah, mudah tersinggung, dan sulit berkonsentrasi selain tanda dan gejala fisik berupa lemah dan lesu.

Kalau selama ini anda selalu galau, cepat kesal, lekas marah, merasa tertekan atau stres, mungkin sudah saatnya anda mencoba untuk memilah makanan dengan lebih cermat. Jangan habiskan hari dengan galau hanya karena anda memilih untuk sarapan di outlet makanan siap saji. Mari lebih cermat dalam memilih makanan.

“There is no sincerer love than the love of food”.

— George Bernard Shaw

*) Artikel ini juga dipublikasikan oleh health yeah! project, sebuah project kesehatan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang noncommunicable disease. Silakan kunjungi healthyeahproject.wordpress.com atau kontak [email protected] untuk info lebih lanjut.


Categories: Makanan Sehat

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.