10 Fakta Seputar Hepatitis B yang Perlu Anda Ketahui

10 Fakta Seputar Hepatitis B yang Perlu Anda Ketahui

Hepatitis merupakan istilah yang digunanakan untuk menjelaskan proses peradangan pada hati. Salah satu jenis infeksi hepatitis yang perlu diwaspadai adalah infeksi Hepatitis B. Hal ini terutama karena perjalanan penyakitnya yang bisa mematikan karena dapat menyebabkan sirosis (pengerasan hati) serta kanker hati.

Berikut ini adalah fakta seputar Hepatitis B yang perlu anda ketahui sebagaimana yang dikutip dari medicinenet:

1. Hepatitis B disebabkan oleh virus DNA yang tergolong kedalam keluarga Hepadnaviridae. Virus hepatitis B tidak berhubungan dengan virus hepatitis A maupun virus hepatitis C.

2. Infeksi hepatitis B disebarkan melalui kontak seksual, kontak dengan darah yang terkontaminasi, baik itu dari penggunaan narkoba jarum suntik, kulit yang luka serta dari ibu ke bayi yang dikandungnya. Hepatitis B tidak disebarkan melalui makanan, air, maupun kontak biasa sehari-hari.

3. Marker serologi biasanya digunakan untuk mendiagnosa infeksi virus hepatitis B. Hasil tes pemeriksaan darah juga bisa mengidentifikasi apakah infeksi tersebut merupakan infeksi baru yang masih aktif (akut) atau merupakan infeksi lama (kronik), serta mengidentifikasi apakah seseorang berada dalam kondisi resiko tinggi mengalami komplikasi.

4. Gejala dari infeksi hepatitis B akut (baru dan mendadak) bisa berupa demam, mual, muntah, nyeri perut, bagian putih mata tampak kuning, buang air kecil berwarna coklat seperti teh.

5. Beberapa orang yang pernah terinfeksi hepatitis B tidak benar-benar terbebas dari virus di dalam tubuhnya dan terus terinfeksi kronik (berlangsung lama).  Kira-kira 350 juta orang di dunia merupakan penderita hepatitis B kronis.  Kebanyakan dari mereka terlihat sehat namun sebenarnya bisa menularkan virus tersebut kepada orang lain.

6. Di Amerika Serikat, 95% orang dewasa yang mendapatkan infeksi virus hepatitis B memiliki kemampuan untuk  membersihkan virus dan menyembuhkan dirinya sendiri dari infeksi. Sekitar 5% dari orang dewasa yang mengalami hepatitis B akut akan berlanjut menjadi hepatitis B kronik. Seseorang yang mengalami infeksi dimasa kanak-kanak lebih rentan mengalami infeksi kronis. Hepatitis kronis dapat menyebabkan sirosis hati (pengerasan hati karena terbentuknya jaringan sikatrik pada hati) dan kanker hati. Sekitar 15-25% orang yang mengalami infeksi kronis hepatitis B akan meninggal dunia karena infeksi.

7. Perburukan pasien hepatitis B kronis berlangsung secara perlahan selama beberapa dekade dan kadang tidak terasa. Keparahan penyakit juga bergantung kepada usia saat infeksi terjadi dan bagaimana interaksi sistem pertahanan tubuh terhadap infeksi virus.

8. Terapi dengan menggunakan interferon atau analog nukleosida dapat menekan reproduksi virus pada 40-90% pasien dengan hepatitis B kronik. Pengobatan juga efektif untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki hasil laboratorium. Terapi ini dapat menunda atau mengurangi komplikasi seperti sirosis. Namun begitu, kebanyakan orang jarang yang bisa sembuh sempurna dan relaps sering terjadi. Pengobatan tidak akan mengobati infeksi..

9. Transplantasi hati perlu dipikirkan untuk pasien yang mengalami ancaman gagal hati karena infeksi akut ataupun sirosis yang berat.

10. Hepatitis B dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi. Vaksinasi hepatitis B merupakan salah satu jenis vaksin yang dimasukkan kedalam lima vaksinasi wajib bagi anak. Orang dewasa yang memiliki faktor risiko tinggi untuk mendapat infeksi hepatits B juga sebaiknya mendapatkan vaksinasi hepatitis B.


Categories: Penyakit Infeksi

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.