Amankan Membersihkan Telinga Anak dengan Cotton Bud?

Amankan Membersihkan Telinga Anak dengan Cotton Bud?

Sehatmagz – Telinga anak kerap tampak kotor dan berkerak. Biasanya orangtua kerap sigap hendak membersihkannya. Namun hendaknya, para orangtua tak sembarangan dalam membersihkan telinga anaknya.

Seperti dijelaskan oleh dr Aditya Suryansyah, SpA dari RSAB Harapan Kita, bahwa serumen telinga akan selalu ada dan selalu terbentuk. Meskipun sering dianggap kotor, serumen ini memiliki fungsi.

“Peran serumen telinga adalah untuk perlindungan tubuh supaya tidak mudah terjadi infeksi. Tetapi kalau berlebihan kadang menyumbat, bahkan sampai infeksi juga,” tutur dr Aditya.

Menurut dr Aditya, seringkali orang tua membersihkan telinga anaknya dengan cara yang tidak benar, misalnya dengan cara dikorek dengan cotton bud. Hal ini justru dapat mendorong serumen masuk ke dalam.

“Seruman itu seharusnya keluar, tapi dengan dikorek bisa jadi justru masuk ke dalam, bahkan memicu terjadinya infeksi,” pungkasnya, seperti dilansir dari health.detik.com.

Ada dua macam serumen telinga, ada yang bentuk kering dan basah.tipe serumen yang kering mudah untuk keluar dengan sendirinya. Sedangkan yang basah sering menyebabkan sumbatan.

“Jadi harus ekstra hati-hati saat membersihkannya. Saran saya langkah adalah dibersihkan oleh ahlinya,” pesan dr Aditya.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.