Mengenal Infeksi Dengue Penyebab Demam Berdarah

Mengenal Infeksi Dengue Penyebab Demam Berdarah

Beberapa saat yang lalu kita saksikan berita di media cetak maupun elektronik mengenai lonjakan pasien demam berdarah dengue di berbagai rumah sakit di Indonesia. Hal ini mungkin meningkatkan kekhawatiran Anda terutama bila ada anggota keluarga yang sedang mengalami demam. Bagaimana sebenarnya gejala demam berdarah dengue? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya? Yuk kita simak ulasan di bawah ini.

 

Spektrum klinis infeksi virus Dengue

Infeksi virus dengue memiliki beberapa spektrum klinis. Sebagian besar infeksi virus dengue tidak menimbulkan gejala atau hanya menimbulkan demam ringan yang berlangsung selama 5-7 hari (demam dengue). Spektrum klinis ini biasanya terjadi pada penderita yang baru pertama kali terinfeksi virus dengue. Sedangkan pada penderita yang sebelumnya sudah pernah terinfeksi, gejala yang ditimbulkan lebih berat (dikenal dengan istilah demam berdarah dengue), atau bahkan sangat berat hingga menyebabkan sindrom syok dengue.

 

Gejala infeksi virus dengue

Demam adalah manifestasi utama

Gejala infeksi Dengue muncul 3-14 hari setelah virus Dengue masuk ke dalam tubuh. Manifestasi utama infeksi virus ini berupa demam. Demam tinggi mendadak berlangsung 2-7 hari secara terus-menerus, tanpa ada penyebab lainnya.

Demam akibat infeksi dengue memiliki pola bifasik, atau seperti pelana kuda. Demam berlangsung tinggi mendadak secara terus-menerus. Umumnya, pada hari ke-3 hingga ke-5 demam akan reda, tetapi justru penyakit akan memasuki fase kritisnya. Fase ini adalah puncak terjadinya kebocoran plasma akibat reaksi antigen-antibodi, akibatnya hematokrit akan meningkat dan trombosit akan turun drastis untuk “menambal” kebocoran tersebut. Bila tidak dilakukan penanganan optimal, pada fase kritis ini akan terjadi renjatan dan penurunan kesadaran. Sebaliknya, bila fase ini dapat terlewati, maka keadaan klinis dan parameter laboratoris akan berangsur-angsur membaik.

Gejala penyerta

Gejala lainnya yang menyertai antara lain: mual, muntah, nyeri kepala, lemah, lesu, nyeri otot dan sendi, perdarahan spontan, serta ruam kulit.

Gejala-gejala di atas juga ditunjang oleh pemeriksaan laboratorium yang menunjukkan penurunan jumlah trombosit, penurunan leukosit, dan pada beberapa kasus peningkatan hematokrit.

Penularan virus Dengue

Virus dengue ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Satu-satunya sumber penularan virus ini adalah manusia yang terinfeksi virus dengue. Virus ini  masuk ke dalam tubuh nyamuk pada saat menggigit manusia yang telah terinfeksi. Virus dengue berkembang biak di dalam kelenjar air liur nyamuk selama beberapa hari. Virus ini kemudian ditularkan kepada manusia lainnya melalui gigitan nyamuk yang mengandung virus.

Penanganan

Infeksi virus ini swasirna (dapat sembuh dengan sendirinya) dalam 7-10 hari. Penatalaksanaan yang dilakukan bersifat suportif yaitu tirah baring, pemberian cairan untuk menanggulangi kebocoran plasma, pemberian paracetamol untuk menurunkan demam serta pemantauan klinis dan laboratoris secara berkala. Bila Anda atau anggota keluarga mengalami gejala seperti yang dijelaskan di atas, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Penatalaksanaan kasus infeksi dengue ringan dapat dilakukan di rumah:

  • Tirah baring
  • Perbanyak konsumsi cairan selama demam (air putih, jus buah, kuah sayur dan sebagainya). Tidak perlu menunggu rasa haus karena selama demam terjadi peningkatan kebutuhan cairan. Di antara indikator terpenuhinya kebutuhan cairan adalah urin berwarna jernih dan buang air kecil setiap 4-6 jam sekali.
  • Konsumsi paracetamol sebagai obat penurun demam sesuai dosis (sebaiknya setelah berkonsultasi dengan dokter) selama demam dan dapat diulang setiap 4-6 jam bila masih demam.
  • Pengawasan adanya tanda-tanda bahaya

Sedangkan pada kasus infeksi dengue dengan tanda bahaya dan dengue berat perlu dilakukan penatalaksanaan lebih intensif di rumah sakit.

Tanda bahaya infeksi dengue

Anda harus segera memeriksakan diri atau anggota keluarga lain ke rumah sakit bila terdapat tanda bahaya infeksi dengue seperti di bawah ini:

  • Suhu turun tetapi keadaan memburuk
  • Nyeri perut hebat
  • Muntah terus menerus
  • Tangan-kaki dingin dan lembab
  • Gelisah, rewel, tampak lemas
  • Terjadi perdarahan spontan (mimisan, gusi berdarah, buang air besar berwarna hitam)
  • Sesak nafas
  • Tidak buang air kecil lebih dari 4 – 6 jam
  • Kejang

Disusun oleh: dr. Wang Erna


Comments

comments