Diabetes Dapat Percepat Terjadinya Katarak

Diabetes Dapat Percepat Terjadinya Katarak

Sehatmagz – Katarak merupakan penyakit degeneratif yang biasanya muncul pada usia lanjut. Katarak tidak bisa dicegah, tetapi kemunculannya bisa diperlambat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan katarak lebih cepat muncul dan mengganggu penglihatan.salah satunya adalah karena adanya penyakit diabetes melitus.

Dokter spesialis mata Nasrul Ikhsan mengungkapkan, orang yang gula darahnya tidak terkontrol, lebih berisiko mengalami mata katarak lebih cepat.

“Kadar gula darah mempengaruhi sel-sel lensa untuk bermigrasi. Lensa cepat degenerasi,” kata Nasrul seusai acara Kick Off 910 Operasi Katarak di JEC Kedoya, Jakarta, Sabtu (23/7).

Untuk memperlambat munculnya katarak, pasien diabetes harus mengendalikan kadar gula darahnya. Mengontrol gula darah juga sangat baik untuk mencegah komplikasi penyakit lain.

Selain katarak, diabetes juga meningkatkan risiko retinopati diabetik. Penyakit ini menyerang retina mata yang juga bisa menyebabkan kebutaan.

Ketua Satuan Penanggulangan Buta Katarak Perdami, Yeni Dwi Lestari,menambahkan selain faktor usia yang mempercepat munculnya katarak adalah karena sering terpapar sinar ultraviolet. Indonesia merupakan negara yang dilintasi garis khatulistiwa.

“Di luar negeri, katarak kebanyakan mulainya pada usia 60 tahun. Tapi di Indonesia bisa lebih awal,” kata Yeni, seperti dikutip dari health.kompas.com. Sebagai negara tropis, penduduk Indonesia cenderung terkena katarak 15 tahun lebih cepat dibanding penduduk di daerah subtropik.

Indonesia pun menempati urutan kedua sebagai negara dengan pasien katarak terbanyak di dunia setelah Ethiopia.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.