Keluar Darah Saat Buang Air Besar? Mungkin Ini Penyebabnya!

Keluar Darah Saat Buang Air Besar? Mungkin Ini Penyebabnya!

Apakah anda pernah mengalami buang air besar disertai dengan keluarnya darah? Bisa jadi anda terkena ambeien. Ambeien, yang juga dikenal dengan wasir, dalam bahasa kedokteran disebut dengan hemorrhoid. Ambeien termasuk penyakit yang sering dijumpai di masyarakat dengan angka kejadian tertinggi pada rentang usia 20-50 tahun. Meskipun bukan termasuk penyakit yang membahayakan atau mengancam jiwa, penyakit ini menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran bagi penderitanya.

Apakah ambeien itu?

Ambeien merupakan suatu keadaan pelebaran pembuluh darah balik (vena) dalam saluran dubur. Bila pelebaran tersebut terjadi di dalam saluran dubur, maka keadaan ini dikenal dengan hemorrhoid interna (ambeien dalam). Sedangkan bila terjadi di dekat lubang dubur, disebut dengan hemorrhoid eksterna (ambeien luar).

Internal-Hemorrhoids-1

Apa saja penyebab terjadinya ambeien?

Penekanan berlebihan terhadap pembuluh darah balik di daerah panggul dan rektum menjadi penyebab terjadinya ambeien. Dalam keadaan normal, jaringan yang terdapat di dalam dubur kaya akan pembuluh darah dan membentuk suatu bantalan yang berfungsi membantu mengendalikan buang air besar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang meningkatkan risiko terjadinya ambeien:

  • Mengejan atau duduk di toliet dalam waktu lama.
  • Diare maupun konstipasi (sulit buang air besar) yang sering terjadi.
  • Kehamilan terutama dalam 6 bulan terakhir. Keberadaan janin dapat meningkatkan tekanan di area pinggul. Proses mengejan saat persalinan juga dapat memperburuk ambeien yang telah ada.
  • Kelebihan berat badan (overweight)
  • Penderita batuk lama, pembesaran prostat, dan hernia
  • Kebiasaan mengangkat beban berat
  • Bertambahnya usia

Apa saja gejala ambeien?

Gejala ambeien yang paling sering adalah keluar darah saat buang air besar. Anda dapat melihat adanya darah yang berwarna merah segar pada toilet setelah Anda buang air besar. Pada ambeien dalam, dapat keluar benjolan dari dalam saluran dubur sesuai dengan derajat ambeien yang terjadi. Sedangkan pada ambeien luar, terdapat benjolan di dekat lubang dubur yang dapat mengalami iritasi sehingga terasa sangat nyeri.

Kapan Anda perlu berkonsultasi dengan dokter?

Bila Anda mengalami gejala ambeien di atas, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Keluarnya darah saat buang air besar tidak hanya disebabkan oleh ambeien, dapat  merupakan gejala dari penyakit lain yang lebih serius, seperti tumor anus, rektal maupun usus besar. Dengan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan, dokter dapat menentukan penyakit yang Anda derita dan penanganan lebih lanjut. Semakin dini ambeien terdiagnosis, pengobatan yang dilakukan semakin konservatif (lebih sederhana) dan angka kesembuhannya semakin besar.

Bagaimana cara mencegah terjadinya ambeien?

  • Hindari konstipasi dengan memperbanyak konsumsi cairan dan serat (buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum utuh). Bila perlu, anda dapat mengonsumsi suplemen fiber untuk memenuhi kebutuhan serat anda. Jangan lupa lakukan aktivitas fisik setiap hari dan olahraga sedang minimal 2,5 jam tiap minggu.
  • Lakukan kebiasaan buang air besar yang sehat. Segeralah menuju toilet saat anda merasa ada dorongan untuk buang air besar, hindari mengejan dan menahan nafas anda secara berlebihan. Jangan berlama-lama duduk di toilet, segeralah beranjak setelah selesai.
  • Modifikasi aktivitas sehari-hari Anda. Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama. Bila memungkinkan, hindari mengangkat beban berat. Bagi anda yang sedang mengandung, anda dapat tidur berbaring miring untuk mengurangi penekanan terhadap pembuluh darah di rongga panggul.

 Ditulis oleh: Dr. Wang Erna


Categories: Penyakit Dalam

Comments

comments