Tanda Gigi Graham Wajib Dicabut

Tanda Gigi Graham Wajib Dicabut

Sehatmagz – Gigi geraham bungsu yang berfungsi mengunyah makanan agar lebih mudah dicerna, tidak akan bisa tumbuh lagi ketika tanggal. Meski begitu, ada beberapa kondisi yang memang mengharuskan gigi geraham bungsu dicabut.

drg Irayani Queencyputri dari Hendra Hidayat Dental Center (HHDC) mengatakan, pada dasarnya gigi geraham bungsu dengan gigi geraham lain memiliki fungsi yang sama. Hanya saja, gigi geraham bungsu memiliki pertumbuhan yang lebih lama dari gigi geraham lain, yaitu di usia 17 sampai 30 tahun.

“Geraham bungsu yang tidak menyebabkan keluhan apa-apa dan tumbuhnya normal, maka tidak perlu dicabut. Biasanya, keputusan untuk mencabut geraham bungsu muncul karena adanya masalah pada gigi tersebut,” tutur wanita yang akrab disapa drg Rara ini di sela-sela Live Chat yang digelar detikForum dan detikHealth di kantor detikcom, Jl Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Lalu, apa saja kondisi-kondisi yang mengharuskan gigi geraham bungsu dicabut? drg Rara mengatakan, gigi geraham bungsu yang tumbuh abnormal yaitu miring ke kiri atau ke kanan mesti dicabut. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan makanan tersangkut di antara gigi geraham bungsu dan geraham di depannya.

“Makanan yang nyangkut di celah-celahnya itu nggak bisa dibersihin pakai tusuk gigi atau sikat gigi sehingga nanti membusuk dan menyebabkan lubang pada kedua gigi (gigi geraham bungsu dan gigi gerahm di depannya). Nah sebelum muncul lubang, lebih baik gigi geraham yang abnormal dicabut,” ucapnya.

Kondisi lain yang mengharuskan gigi geraham bungsu dicabut adalah gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna hingga menyebabkan gusi sedikit menutupi gigi tersebut. Bagian dari gusi tersebut seringkali tergigit atau ada makanan yang menyelip di antara gusi dan gigi. Akibatnya, gusi bisa meradang (pericoronitis).

“Orang banyak mikir kok gigi nggak naik lagi ya? Ditunggu satu tahun, dua tahun lho kok begitu terus? Ya itu gigi nggak normal. Penangannya harus lakukan operasi cabut gigi atau memotong sebagian gusi,” sambung drg Rara.

Ia menekankan, solusi satu-satunya untuk gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak normal dan menyebabkan rasa sakit atau gigi berlubang adalah dicabut. Sebab, penambalan hanya untuk menunda perawatan karena posisi gigi geraham bungsu yang dinilai sangat kompleks pada dasarnya menyulitkan ketika perawatan lain dilakukan.

 

(Sumber: detik.health)

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.