7 Cara Meredakan Stress Dalam Waktu Singkat

7 Cara Meredakan Stress Dalam Waktu Singkat

Stress merupakan bagian hidup kita yang tidak bisa dihindari. Stressor seringkali kita temukan ditempat kerja, di rumah, atau bahkan dijalanan yang macet. Mengelola dan mengendalikan stress sudah barang tentu menjadi keterampilan yang perlu kita miliki. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stress yang kita alami:

  1. Ambil Nafas yang Dalam

Latihan pernapasan bukan hanya dikhususkan untuk orang yang berlatih yoga saja. Hal ini bisa bermanfaat untuk siapa saja. Mengambil nafas yang dalam merupakan hal yang sederhana dan efektif untuk menenangkan pikiran yang sedang tidak tenang. Menarik nafas yang dalam juga bisa mengeluarkan endorfin di dalam tubuh. Endorfin merupakan neurotransmitter yang dapat meningkatkan perasaan senang dan membuat anda merasa lebih santai.

  1. Teriakkan saja

Ambillah keputusan untuk menyingkir dari situasi yang stress dan menumpahkan beban yang anda rasakan. Pilihlah tempat yang sepi dan teriakkan saja. Hal ini terkadang akan melegakan anda. Pilihan ini lebih baik dilakukan daripada anda memendam perasaan dan meledak di saat yang tidak tepat.

  1. Bayangkan tempat   yang tenang

Membayangkan ada di tempat yang menenangkan bisa membantu meredakan darah anda yang sedang bergejolak. Walaupun anda tidak bisa ada disana secara fisik, namun memikirkannya saja juga bisa membantu anda merasa rileks.

  1. Nyalakan musik favorit anda

Bukanlah rahasia lagi kalau musik merupakan pereda stress. Nyalakan lagu favorit anda, dan biarkan mood anda menjadi semakin baik.

  1. Mengupas Jeruk

Bagaimana caranya mengupas jeruk bisa membuat anda merasa lebih baik? Jawabannya adalah karena efek aromaterapinya. Aromaterapi diketahui bisa menekan level stress pada seseorang. Jika anda merasa kesulitan menemukan aromaterapi didekat anda, anda bisa memperolehnya dari wangi kulit jeruk yang baru dikupas.

  1. Bermain dengan hewan peliharaan

Jika anda punya hewan peliharaan dan anda sedang merasa tegang, cobalah bercengkrama bersama hewan peliharaan anda. Bermain dengan hewan peliharaan diketahui dapat menyebabkan seseorang merasa rileks dan ikut menurunkan tekanan darah.

 

  1. Rapikan Meja Kerja

Meja kerja yang berantakan bisa jadi menunjukkan apa yang anda rasakan. Membereskan meja kerja atau kamar yang berantakan juga ternyata akan ikut membantu perasaan anda menjadi lebih baik. Rapikanlah kertas yang tercecer, buanglah barang yang tidak perlu ke tempat sampah, dan bersihkan meja anda dengan tisu pembersih. Hal ini hanya akan menghabiskan beberapa menit dari waktu anda, namun bisa bermanfaat untuk men-set ulang workflow dan ikut membersihkan kepala anda dari hal yang tidak penting.

Baca juga: Ternyata makanan bisa menentukan anda merasa stress atau happy

 

 


Categories: Kesehatan Jiwa

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.