Penasaran Dengan Arti Mimpi yang Baru Terjadi? Cek Apa Kata Psikiater Tentang Arti Mimpi Anda!

Penasaran Dengan Arti Mimpi yang Baru Terjadi? Cek Apa Kata Psikiater Tentang Arti Mimpi Anda!

Mimpi buat sebagian orang hanyalah bunga tidur. Namun untuk sebagian kita yang lain, mimpi bisa merupakan pertanda dari hal yang penting, sehingga perlu diartikan. Beberapa orang bahkan dianugrahi kemampuan untuk menafsirkan mimpi. Salah satunya yang terkenal adalah Nabi Yusuf as.

Mungkin kita ingat bagaimana ternyata mimpi raja saat itu tentang 7 sapi kurus yang memakan sapi gemuk adalah pertanda bahwa Mesir akan mengalami masa paceklik selama 7 tahun dan perlu dilakukan langkah langkah persiapan untuk menghadapinya. Karena berhasil menafsirkan mimpi dan menawarkan solusinya, Nabi Yusuf pun dikeluarkan dari penjara dan malah menjadi bendahara negara Mesir saat itu.

Mimpi memang bisa menjadi pertanda yang dikirimkan dari Allah, bisa juga merupakan gambaran dari apa yang terpendam di dalam diri kita, dan bisa saja hanyalah bunga tidur yang numpang lewat. Dalam ajaran Islam, hal ini dibagi menjadi mimpi yang benar (ar-ru’yah), mimpi mengenai hal yang akan terjadi (al hadits) dan mimpi yang hanya permainan (al hulum).

Salah satu bentuk mimpi yang bisa dipelajari adalah mimpi yang dianggap sebagai representasi kepribadian dan alam bawah sadar kita. Salah satu penggiatnya adalah Carl Jung, seorang filsuf dan juga psikiater dan psikoterapis yang hasil pemikirannya masih terus menjadi acuan dalam ilmu psikiatri modern. Carl Jung menganalisis 20.000 mimipi sepanjang hidupnya dan percaya bahwa mimpi adalah kunci untuk memahami kondisi psikis seseorang.

Salah satu psikoterapis yang mengikuti pendapat Jung ini adalah Carder Stout. Stout percaya bahwa mimpi adalah jendela menuju bagian alam bawah sadar jiwa kita. Berdasarkan informasi yang ditemukan di dalam mimpi tersebut kita bisa melacak masalah apa yang sebenarnya kita hadapi, bagaimana pemecahannya dan apa yang harus dilakukan agar kita menjadi orang yang lebih bahagia.

Salah satu cara untuk memahami mimpi adalah dengan melihatnya secara simbolik dan bukan secara literal. Seringkali mimpi berisi banyak metafora yang menggambarkan bagian dari diri anda yang meminta perhatian lebih.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah ternyata bukan hanya kondisi psikologis yang berperan dalam menentukan arti mimpi kita. Sebagian orang percaya aktivitas apa yang anda lakukan di siang hari dapat berpengaruh pada isi mimpi anda di malam hari. Bahkan ternyata, beberapa posisi tidur juga bisa memicu atau malah mencegah munculnya mimpi buruk.

Berikut ini adalah tafsiran mimpi yang bisa berasal dari kondisi psikis anda menurut psikiater Carder Stout sebagaimana yang disampaikan kepada Huffingtonpost. Adakah salah satu skenario mimpi ini pernah anda alami? Yuk kita cek satu-satu!

Jika Bermimpi Hamil

Hal ini berarti anda merasa bahwa ada semacam kehidupan baru didalam anda, bahwa ada energi yang baru di dalam diri anda, atau ada ide baru didalam diri anda. Mungkin anda sedang melalui sebuah perasaan terlahir kembali atau sebuah momen pencerahan yang mengarahkan hidup ke tempat yang benar-benar baru. Seperti bunglon yang sedang berganti kulit, anda sedang bertransformasi mencari aspek kehidupan yang lain.

Jika Bermimpi Tentang Kematian

Kita melihat kematian sama dengan melihat lahirnya kehidupan yang baru. Secara simbolik kita merasa bahwa ada bagian diri kita yang meninggalkan kita. Baik itu salah satu sifat kita, atau kita baru saja berhenti dari perkejaan atau berpindah rumah, atau kita baru saja kehilangan seseorang Mimpi tentang kematian pada dasarnya adalah karena ada bagian diri kita yang kita biarkan pergi dari diri kita.

Jika Mimpi Buruk yang Berulang
Stout menjelaskan bahwa sepanjang hidup kita, kita mengalami berbagai hal negatif dan menginternalisasikannya sehingga menyebabkan trauma emosional. Jiwa kita ternyata lebih sering menyimpannya ketimbang mengeluarkannya Dan hal ini kelak akan membentuk akar dari mimpi buruk yang berulang.

Stout menyampaikan bahwa jika kita menahan energi trauma emosional, seringkali hal ini akan muncul di dalam mimpi kita. Jika kita memimpikan hal yang sama berulang atau memiliki tipe mimpi yang sama, pada dasarnya hal ini adalah panggilan dari jiwa kita yang seolah mengatakan “Tolong perhatikan hal ini, hal ini telah tumbuh jadi masalah yang besar dan perlu segera diatasi”. Stout menyatakan bahwa mimpi ini berulang karena memang ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada diri kita.

Jika Bermimpi Tentang Sekolah atau Tempat Kerja

Mimpi tentang hal ini bisa dalam bentuk bermimpi tidak siap untuk mengikuti ulangan atau telat untuk datang kerja, atau tidak siap untuk presentasi rapat. Hal tersebut merupakan contoh kejadian yang menggambarkan bahwa kita dalam keadaan rapuh. Hal ini muncul karena kita memiliki ketakutan bahwa orang lain melihat bagian diri kita sebenarnya yang tidak ingin kita perlihatkan ke orang lain.

Stout menjelaskan lebih lanjut bahwa, ketika sebagian kita bertindak tulus dan apa adanya di tempat kerja, sebagian orang lain ada yang menggunakan topeng. Hal ini dilakukan untuk menutupi sebagian dari dirinya dari bawahan, teman kerja, ataupun teman sebaya. Pikiran bahwa topeng itu terbuka akan menyebabkan seseorang merasa rapuh seperti di telanjangi.

Jika Bermimpi Tentang Mantan Pacar
Jika kita memimpikan seseorang secara spesifik, maka orang tersebut menggambarkan sebuah aspek tertentu dalam diri kita, bukan berarti kita sedang merindukannya atau dia adalah cinta sejati kita.

Sebenarnya anda sedang memimpikan aspek yang ada di dalam diri anda namun digambarkan oleh dirinya dan bukan tentang orang itu sendiri. Mimpi tentang orang lain sifatnya lebih reflektif dan bukan tentang orang itu sendiri.

Jadi apabila anda memimpikan mantan pacar anda, misalnya pacar anda orang yang filosofikal, sebenarnya anda memimpikan bagian dari diri anda, bagian filosofikal dari diri anda. Mungkin bagian diri anda tersebut membutuhkan perhatian dan perawatan.


Categories: Kesehatan Jiwa

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.