6 Makanan untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

6 Makanan untuk Kesehatan Organ Intim Wanita

Sehatmagz – “You are what you eat”. Ungkapan tersebut bermakna, kesehatan anda tergantung dari apa yang anda makan. Hal tersebut  juga mencakup kesehatan alat reproduksi anda para wanita.

Berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ intim wanita:

  1. Apel

Satu apel sehari meningkatkan fungsi seksual dari vagina. Sebuah penelitian yang dimuat di Archives of Gynecology and Obstetrics menyebut kalau apel ada kaitannya dengan tingkat kepuasan seksual, kemampuan mencapai orgasme, dan kepekaan terhadap rangsangan seksual.

Itu dikarenakan apel mengandung phloridzin, zat semacam hormon phytoestrogen, yang berguna bagi wanita.

  1. Yoghurt

Makanan ini memberi keuntungan ganda bagi kesehatan organ reproduksi wanita. Keuntungan yang pertama, probiotik menjaga kesehatan bakteri baik di area vagina. Bakteri ini berfungsi mencegah berbagai infeksi seperti infeksi saluran kencing.

Keuntungan kedua adalah kalsium yang diserap dari yoghurt dapat membantu mengurangi gejala datang bulan. Ada penelitian yang menyebut kalau yoghurt dapat meredakan sakit bulanan akibat menstruasi.

  1. Teh hijau

Zat polyphonic catechin yang terdapat dalam teh hijau membantu memerangi bakteri jahat seperti E. coli. Bakteri E.  coli ini disebut sebagai biang keladi infeksi saluran kencing. Penelitian mengenai ini tercatat dalam jurnal Frontiers in Microbiology.

Kafein yang ada dalam teh hijau juga membantu meredakan gejala menstruasi. Hal yang perlu anda perhatikan adalah porsi dalam mengonsumsinya. Konsumsi berlebihan teh hijau dapat menyebabkan masalah pada organ hati.

  1. Gandum, biji-bijian, dan sayuran

Semuanya punya satu kesamaan yaitu kaya akan serat. Serat adalah prebiotik yang baik bagi kesehatan lambung.

Lambung memiliki peran penting menjaga kesehatan vagina. Alasannya, lambung yang sehat membuat organ sekitarnya sehat. Salah satunya yang berkaitan dengan kesehatan vagina adalah usus besar yang berujung pada anus.

Secara anatomi, letak anus dan vagina sangat dekat. Jika lambung bermasalah oleh bakteri, otomatis usus besar dan anus kena imbasnya. Bakteri pun bisa dengan mudah berpindah dari anus ke vagina.

  1. Minyak ikan

Minyak ikan dikenal baik untuk menjaga kesehatan secara umum. Secara khusus, makanan ini baik untuk kesehatan jantung.

Jantung yang sehat dapat mengalirkan darah dengan lancar ke seluruh tubuh. Ini berpengaruh pada aspek seksualitas. Aliran darah yang lancar mempermudah tubuh menerima rangsangan seksual.

  1. Air

Murah dan mudah didapat. Air merupakan aspek penting menjaga kesehatan vagina, seperti dikutip dari health.kompas.com. Fungsinya untuk menjaga kelembapan area sekitar vagina. Kelembapan, selain penting untuk kesehatan vagina, juga penting dalam hal seksualitas. Area vagina yang kering menghambat rangsangan seksual dan bisa berujung pada tak optimalnya kehidupan seksual si pemilik.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.