9 Tanda Ketidaksuburan pada Pria dan Wanita

9 Tanda Ketidaksuburan pada Pria dan Wanita

Sehatmagz – Diperkirakan 1 dari 8 pasangan harus menghadapi ketidaksuburan atau infertilitas. Salah satu tanda pasangan tidak subur adalah tidak bisa hamil walau melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi selama 6-12 bulan.

Berikut ini  adalah tanda-tanda ketidaksuburan lainnya:

1.Haid tidak teratur atau tidak haid

Pada wanita, salah satu tanda ia tidak subur adalah haidnya tidak teratur atau bahkan tidak mendapat haid. Ini berarti, tubuh tidak memproduksi sel telur.

Untuk menjaga agar haid teratur, diperlukan kerjasama antara kelenjar pituitari dan hipotalamus di otak, dan ovarium. Bila kerjasama itu tidak terjadi, kemungkinan ada gangguan hormonal.

2.Nyeri haid yang berat

Antara 5-10 persen wanita yang tidak subur mengalami perdarahan haid yang banyak. Salah satu penyebabnya adalah fibroid di rahim. Sementara itu, nyeri haid yang berat bisa menandakan ada endometriosis, kondisi yang juga memicu sulit hamil.

3.Gangguan penglihatan

Bila penglihatan periferal (tepi) Anda buram, Anda mendadak mengalami kebingungan, atau haid tidak teratur, itu merupakan gejala dari prolactinoma atau tumor nonkanker di kelenjar pituitari, yang bisa berefek pada kesuburan.

Kelenjar pituitari membuat hormon perangsang folikel yang mengatur ovarium dan produksi sel telur (FSH) , seperti dikutip dengan health.kompas.com. Letak kelenjar ini di otak dekat dengan saraf optik. Karenanya, prolactinoma bisa menekan saraf optik dan juga sel yang membuat FSH.

4.Banyak bulu di tubuh

Perhatikan apakah ada banyak bulu di wajah atau bagian tubuh lainnya. Hal itu bisa menandakan gangguan hormonal yang disebut sindrom ovarium polisistik.

5.Libido rendah dan fungsi seks terganggu

Pria yang kehilangan libido, susah menjaga ereksinya, atau mengalami gangguan ejekulasi, ada pembengkakan di bagian testisnya, bisa mengalami gangguan kesuburan.

6.Kegemukan

Hampir 55 persen wanita yang kegemukan atau obesitas sebelum hamil, dan kelebihan berat badan ini akan membuatnya sulit untuk hamil.

Walau begitu, wanita yang terlalu kurus, olahraga berlebihan, atau seorang atlet, dan mengalam gangguan haid, juga bisa mengalami kesulitan hamil.

7.Nyeri saat bercinta

Bila hubungan seks Anda tidak memusakan akibat rasa nyeri yang dirasakan, penyebabnya adalah vagina terlalu kering. Kondisi ini bisa diakibatkan kekurangan estrogen karena gejala menopause.

8.Rambut menipis

Gangguan tiroid bisa menyebabkan rambut menipis atau rontok. Gangguan pada hormon ini juga mempengarui pematangan sel telur.

9.Kekurangan vitamin D

Jangan anggap remeh vitamin D, terutama pada pasangan yang sedang menantikan momongan karena kekurangan vitamin ini bisa membuat kehamilan sulit diraih.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.