Apa Saja Penyebab Menstruasi Datang Terlambat?

Apa Saja Penyebab Menstruasi Datang Terlambat?

Pada saat seorang wanita mengalami terlambat datang bulan, pikiran pertama yang seringkali muncul adalah “wah jangan-jangan hamil”. Padahal sebenarnya ada banyak alasan mengapa jadwal menstruasi bisa datang terlambat. Nah apa saja alasan yang menyebabkan menstruasi datang terlambat?

Stress

Stress dapat  mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan kita, termasuk mempengaruhi siklus menstruasi. Pada saat stress, tubuh mungkin akan mengurangi kadar hormon GnRH. Hormon ini padahal sangat penting untuk memulai siklus ovulasi dan menstruasi. Setelah jadwal mens terganggu karena stress, mungkin dibutuhkan beberapa siklus untuk menjadikan siklus menstruasi kembali normal.

Sakit

Mengalami sakit akan mempengaruhi metabolisme seseorang, termasuk ikut mempengaruhi siklus menstruasi. Obat yang dikonsumsi juga bisa menimbulkan gangguan siklus mens. Hal ini bisanya berlangsung sementara. Anda bisa menanyakan kepada dokter kapan diperkirakan siklus mens akan kembali normal kembali.

Perubahan Jadwal

Perubahan jadwal  dapat benar-benar mengubah jam biologis anda. Hal ini bisa terjadi  misalnya pada saat mengalami perubahan jadwal kerja dalam bentuk sistem shift.  Jika anda sering mengalami perubahan jdwal shift dan itu ikut mempengaruhi menstruasi, ada baikny anda mengatur agar perubahan jadwal terjadi terus menerus.

Penggunaan Obat-Obatan

Hal ini sering terjadi pada penggunaan obat-obatan yang mengandung hormon seperti Pil KB. Jika anda merasa bahwa anda mengalami perubahan siklus menstruasi setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu, jangan lupa untuk melaporkan hal ini kepada dokter anda.

Berat Badan Berlebih

Lemak yang tersimpan terlalu banyak di dalam tubuh bisa ikut mempengaruhi perubahan susunan hormon didalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh bahan dasar hormon yang mengatur siklus reproduksi juga berasal dari lemak. Beberapa wanita melaporkan kembalinya siklus mens setelah penurunan beberapa kilo berat badan.

Berat Badan Kurang

Lemak yang terlalu sedikit juga bisa bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Kasus seperti ini dapat ditemukan pada wanita yang mengalami penurunan berat badan secara drastis atau pada para olahragwati. Wanita yang memiliki masalah anorexia juga mungkin memiliki gangguan jadwal menstruasi

Salah Perhitungan

Siklus menstruasi wanita berbeda-beda. Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari, namun  hal ini tidak berlaku bagi setiap orang.  Ada kalanya kita mengira bahwa jadwal menstruasi kita terlambat, padahal sebenarnya yang terjadi adalah semata perhitungan yang tidak tepat. Siklus mens yang dianggap normal adalah berkisar antara 21-35 hari.  Siklus mens yang terjadi lebih dari 35 hari dikenal dengan istilah oligomenorea.

Perimenopause
Perimenopause merupakan periode transisi dari usia reproduksi ke usia tidak produktif. Pada masa ini, ketidakseimbangan hormon mungkin dapat menyebabkan mens yang lebih sedikit, lebih banyak, lebih sering, atau lebih jarang. Jadwal menstruasi yang berantakan merupakan hal yang sering sekali terjadi pada masa ini.

 Menopause
Menopause adalah suatu titik dimana anda tidak bisa ovulasi atau menstruasi lagi. Menopause merupakan hal yang alami terjadi pada seorang wanita dan dapat juga terjadi pada saat soerang wanita melakukan pengangkatan ovarium atau menjalani siklus kemoterapi.

 Kehamilan
Kehamilan akan menyababkan siklus menstruasi  terhenti. Anda bisa memastikan apakah penyebab terlambatnya datang bulan disebabkan oleh kehamilan atau tidak dengan menggunakan alat tes kehamilan.

 


Categories: Kesehatan Wanita

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.