Cara Memilih Kosmetik Yang Aman

Cara Memilih Kosmetik Yang Aman

Cantik adalah dambaan setiap wanita. Cantik secara fisik dapat dilakukan dengan perawatan tubuh terutama wajah dan menggunakan kosmetik. Untuk menunjang penampilan dan kecantikan tidak sedikit wanita yang menggunakan kosmetik. Penggunaan kosmetik di era modern baik saat akan berpergian maupun di rumah kini telah menjadi bagian  rutinitas sehari – hari.

Tujuan pemakaian kosmetik  adalah untuk mengoreksi kekurangan,  mempercantik, meningkatkan daya tarik serta merubah penampilan. Namun tidak jarang kosmetik yang dijual mengandung bahan-bahan atau zat kimia yang tidak baik untuk kulit dan berefek pada kesehatan.

Ikuti tips berikut untuk memilih kosmetik yang aman:

  1. Pilihlah kosmetik yang memiliki nama produsen, karena dengan adanya nama produsen produksi kosmetik ini dapat dipertanggung jawabkan.
  2. Bacalah kandungan dari kosmetik tersebut, isi kandungan, cara pemakaian, frekuensi pemakaian dan efek sampingnya.
  3. Untuk mengetahui apakah anda memiliki alergi pada kosmetik tersebut, ada baiknya untuk melakukan tes alergi dengan mengoleskan atau menggunakan bahan kosmetik pada kulit dibelakang telinga selama 3 – 5 hari.
  4. Pastikan kosmetik anda tercantum nomer registrasi dari BPOM dan Departemen Kesehatan.

Kosmetik yang aman tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuh , baik itu mengiritasi kulit secara berlebihan, menimbulkan gangguan kulit, maupun pada hati dan ginjal. Bahan kimia yang tidak boleh terkandung didalam bahan kosmetik yakni logam berat seperti merkuri, zat korosif, zat karsinogenik dan hidrokarbon polisiklik.

(Baca juga: 4 Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik Ini Bisa Sebabkan Kanker)

Disusun oleh: dr. Vita U.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.