Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Wanita

Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Wanita

Masalah kebotakan biasanya identik dengan pria usia  baya. Padahal tidak sedikit wanita yang juga mengalami masalah kerontokan rambut. Sekitar 40% kasus kebotakan di Amerika mengenai perempuan pada saat usia 50 tahun.

Dahulu, masalah kebotakan tidak dianggap sebagai masalah yang penting. Namun, para peneliti menyadari bahwa kebotakan pada wanita lebih banyak menyebabkan perasaan minder dan malu.

Ada sejumlah hal yang mempengaruhi kebotakan pada perempuan baik itu pengaruh hormon, penyakit autoimun, penggunaan kemoterapi, atau penggunaan perawatan rambut yang kurang tepat.

Untungnya tersedia sejumlah cara untuk mengatasi kerontokan dan penipisan rambut. Dokter anda mungkin meresepkan salah satu dari beberapa obat-obatan berikut ini:

 Obat Pemblok Testosteron

Pada saat seorang wanita mencapai menopause, maka jumkah hormon estrogen akan menurun jika dibandingkan dengan kadar testosteron. Obat yang diberikan ditujukan untuk memblok testosteron pada folikel rambut. Testosteron pada folikel rambut bisa menyebabkan pengecilan folikel hingga akhirnya rambut yang tumbuh semakin tipis. Lama kelamaan folikel semakin sempit dan menyebabkan rambut tidak dapat tumbuh. Contoh obat yang digunakan adalah golongan flutamide dan spironolakton.

Rogaine

Obat ini adalah satu-satunya obat kebotakan pada wanita yang sudah disahkan oleh FDA, obat ini bekerja dengan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Mengobati Penyakit yang  Mendasari

Mengobati penyakit yang mendasari  kerontokan rambut seperti misalnya penyakit autoimun atau  penggunaan kemoterapi bisa memperbaiki masalah kebotakan rambut.

Kortison topikal dan injeksi: Walaupun tidak sempurna, hal ini bisa mengembalikan kerontokan rambut.

Transplantasi rambut: Terapi ini dilakukan dengan memindahkan secara bedah bagian kulit kepala yang masih sehat ke daerah yang mengalami penipisan. Hal ini lebih mudah dilakukan pada wanita karena biasanya wanita memiliki bagian tipis yang lebih sedikit dibandingkan pria.

Laser phototherapy: Saat ini tersedia juga terapi laser untuk menumbuhkan kembali rambut. Namun terapi ini memberikan hasil yang berbeda-beda untuk setiap pasien.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.