Sulit Tidur Setelah Melahirkan? Ini Cara Agar Bisa Tidur Pulas

Sulit Tidur Setelah Melahirkan? Ini Cara Agar Bisa Tidur Pulas

Sehatmagz – Pengalaman menjadi ibu baru memang sedikit butuh ketabahan dan tekad yang kuat. Belum pulih lelah di tubuh, Ibu baru pun harus segera menyesuaikan diri dengan kehadiran bayi yang selama ini dikandung.

Banyak ibu baru yang mengeluh sulit tidur pada malam hari, alasannya pun bermacam-macam. Entah karena merasa ada yang tidak nyaman pada tubuh, hingga tangisan sang bayi yang tidak berhenti. Nah oleh karena itu berikut ini tips untuk menghadapi gangguan tidur setelah melahirkan.

1. Kenali Penyebab Gangguan Tidur anda

Pada ibu melahirkan mengalami kesulitan tidur melengkapi kebutuhan nutrisi terutama serat yang tinggi,buah dan sayuran serta olahraga ringan.Beberapa ibu yang baru melahirkan dapat disebabkan karena sembelit selain itu tambahan suplemen zat besi sesuai saran dokter sehingga membantu ibu mengatasi restless leg syndrome yang biasanya terjadi pada ibu baru. Gangguan setelah persalinan yang dapat mempengaruhi waktu tidur adalah kaki kram sehingga sebaiknya melakukan peregangan untuk membuat otot kembali rileks. Anda dapat meluruskan kaki sebelum tidur dan berjalan jalan sebentar.

2. Berbaringlah, bahkan jika Anda tidak bisa tidur

Turun kaki Anda, bersantai di sofa, dan jauhkan diri anda dari aktivitas yang menganggu tidur misalnya saja dari telepon genggam. Jangan stres jika Anda tidak bisa tertidur. Anda dapat berbaring selama setengah jam dan membuat anda rileks. Bahkan untuk sebagian ibu mendengarkan musik klasik dapat membuat tenang dan mudah tertidur.

3. Mintalah bantuan untuk mengurus bayi di malam hari

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan istirahat di malam hari adalah berbagi peran dengan suami anda. Sesekali Anda dapat menyediakan ASI perah apabila ketika malam bayi sesekali ingin menyusui, sehingga tetap memberikan kebutuhan bayi anda. Sebuah penelitian di Australia yang diterbitkan 2002 dalam Journal of Sleep Research menemukan bahwa ibu menyusui mendapatkan lebih banyak tidur nyenyak – jenis tidur yang menyembuhkan otot dan perbaikan tubuh.Hal ini dikarenakan hormone prolaktin yang melonjak ketika ibu menyusui.

4. Hindari televisi dan komputer

Bagi para ibu yang sulit tidur bahkan setelah sepanjang hari merawat bayi yang baru, mungkin tergoda untuk melepas lelah di depan komputer atau televisi. Cahaya dari komputer atau televisi bisa sangat merangsang dan menjaga Anda sehingga sulit tidur. Bagi anda yang ingin tenang dan mudah merasakan mengantuk maka dapat menggunakan bantuan suara music atau suara radio ketimbang menyalakan televisi.

5. Mengatur Waktu berkunjung tamu

Siapa yang dapat menahan tamu yang ingin berkunjung dan memberikan ucapan selamat atas kelahiran bayi anda. Terkadang waktu yang terlalu padat disepanjang hari akan membuat ibu mengalami kelelahan. Ketika teman-teman dan keluarga mengunjungi bayi baru, anda mungkin merasa berkewajiban untuk mengobrol, menyiapkan makanan ataupun kegiatan menjamu tamu kepada mereka. Tamu yang menjadi tuntutan tinggi pada Anda sehingga menguras tenaga dan kadang anda malah kesulitan untuk beristirahat karena asyik dengan waktu yang anda punya untuk berbagi pengalaman dengan mereka.

6. Hindari Konsumsi Kopi

Bagi anda yang terbiasa menenguk secangkir kopi di waktu sarapan, anda harus mengurangi kebiasaan anda bahkan ketika anda bermasalah dengan waktu tidur anda. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi akan menggangu jam tidur anda bahkan dapat terjaga hingga sulit tidur. American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa ibu menyusui mencoba untuk membatasi konsumsi kafein secangkir setiap hari.

7. Kurangi Mengajak Bayi Bermain di malam hari

Anda dapat membiasakan pola tidur pada bayi, ketika malam hari bayi terbangun anda dapat mengajaknya kembali tertidur. Pada sebagian orang tua adapula yang mengajaknya bermain sehingga bayi sudah biasa terbangun di malam hari yang jelas akan menganggu istirahat anda. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi yang sehat biasanya  memiliki rutinitas tidur di malam hari lima jam atau lebih oleh 2 sampai 3 bulan. Hampir semua bayi harus bisa tidur sepanjang malam pada usia 6 bulan, tetapi AAP mengatakan bahwa dapat menjadi perbedaan yang signifikan antara statistik ini dan apa yang terjadi di setiap keluarga.

8. Kesegaran Suasana Kamar

Tumpukan baju baju bayi anda yang berantakan dan beberapa peralatan bayi yang menganggu kadang membuat anda sulit untuk tidur. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mudah untuk tidur dapat membuat suasana kamar senyaman mungkin dengan membuat kamar rapi. Kamar yang rapi akan membuat anda lebih tenang dan mudah rileks. Selain itu beberapa kesegaran dari udara kamar akan membantu anda untuk memudahkan istirahat.

Oleh karena itu buka jendela kamar anda secara berkala sehingga dapat menganti udara yang kotor. Tambahkan dengan aroma terapi yang dapat meningkatkan kesegaran udara kamar anda, pilihan aroma terapi yang tepat akan membuat anda rileks dan mengurangi stress menjadi ibu baru.


Categories: Kesehatan Wanita

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.