[Mitos atau Fakta] Alergi Bisa Sembuh

[Mitos atau Fakta] Alergi Bisa Sembuh

Overview

Tubuh kita telah dikaruniai pertahanan yang canggih dari berbagai sumber penyakit yang dapat menyerang. Akan tetapi, pertahanan yang canggih ini juga menyebabkan reaksi yang biasa kita sebut alergi ketika merespon juga terhadap paparan yang sebenarnya tidak berbahaya. Itulah mengapa alergi juga biasa dikenal sebagai hipersensitif.

Dalam bahasan alergi, sebagian orang mengungkapkan pengalamannya sembuh dari alergi. Mereka mengalami proses “pemaksaan”, misalnya orang yang alergi makanan tertentu dipaksakan memakan makanan tersebut sehingga “terbiasa” lalu “sembuh”. SehatMagz akan membahas isu ini agar kita mengetahui kebenaran isu tentang alergi bisa sembuh.

Seperti dijelaskan sebelumnya, Alergi alias Hipersensitivitas muncul karena sistem imun (pertahanan/kekebalan) tubuh kita bereaksi terhadap sesuatu (zat) yang tidak berbahaya pada tubuh. Pada orang normal, reaksi ini tidak muncul. Dalam dunia kedokteran, dikenal istilah Imunoterapi alias Terapi Imun. Terapi Imun (Imunoterapi) untuk alergi ini juga disebut Allergy Shots.

[Mitos atau Fakta] Alergi Bisa Sembuh (oakstreetclinic)

[Mitos atau Fakta] Alergi Bisa Sembuh (oakstreetclinic)

Allergy Shots dilakukan dengan cara dokter memberikan alergen (zat penyebab alergi) dalam jumlah kecil secara berulang kepada tubuh orang yang memiliki alergi. Biasanya proses ini dilakukan 2-3 kali sepekan selama beberapa pekan, lalu frekuensinya diturunkan hingga sebulan sekali. Selama proses ini, reaksi tubuh akan dipantau. Hasil yang diharapkan dari Allergy Shots bukanlah kesembuhan total hingga alergi benar-benar hilang. Yang diharapkan adalah perbaikan gejala alergi pada tubuh pasien secara bertahap. Tentu saja gejala yang sangat minimal pada akhirnya akan semakin tidak tampak.

Keberhasilan Allergy Shots ini sangat tergantung faktor pasien. Seberapa banyak zat yang membuat pasien alergi, seberapa parah gejala yang biasanya muncul, dan seberapa patuh menjalani Allergy Shots. Secara umum, biasanya terapi ini berhasil pada alergi terhadap debu, serbuk tanaman, paparan kutu, dan bulu hewan. Belum ada bukti kuat yang cukup untuk keberhasilan Allergy Shots pada alergi terhadap makanan dan obat.

Ada berbagai hal penting yang harus diperhatikan sebelum, selama dan setelah menjalani Allergy Shots ini. Allergy Shots ini juga mungkin dilarang untuk pasien dengan masalah jantung atau pernapasan. Agar lebih jelas, jika anda tertarik untuk menjalani Imunoterapi Allergy Shots ini silakan temui dokter untuk berkonsultasi.


Categories: Mitos atau Fakta

Comments

comments