Hati-Hati, Stress Saat Kehamilan Berpengaruh Pada Pertumbuhan Si Buah Hati!

Hati-Hati, Stress Saat Kehamilan Berpengaruh Pada Pertumbuhan Si Buah Hati!

Menurut studi terakhir ditemukan fakta yang cukup mengejutkan, bahwa anak yang lahir dari wanita yang sering mengalami stress saat masa kehamilannya akan berdampak buruk bagi pertumbuhan si anak saat remaja nanti, seperti gangguan koordinasi sistem gerak.

Studi ini dilakukan oleh Universitas di Australia University of Notre Dame of Australia, dengan melakukan pengamatan kepada beberapa anak remaja antara usia 10, 14 dan 17 tahun. Tes  yang dilakukan adalah mengenai sistem motorik, seperti kekuatan menggenggam, lompat jauh dan berapa lama mereka dapat berdiri dengan satu kaki.

Parameter lain yang dinilai adalah ada tidaknya episode stress selama kehamilan seperti apakah ibu mengalami masalah finansial, kematian anggota keluarga atau teman, dan perpisahan.

Para peneliti menemukan bahwa anak yang dilahirkan oleh ibu  yang mengalami tiga atau lebih jenis stress selama kehamilannya menunjukkan hasil yang lebih rendah dalam skor perkembangan motoriknya jika dibandingkan dengan yang mengalami kurang dari tiga macam stress selama kehamilannya.

Dari penelitian diketahui pula bahwa stress yang terjadi pada kehamilan tua ternyata lebih berpengaruh dibandingkan stress yang terjadi pada kehamilan awal. Hal ini diduga karena pada saat kehamilan tua, merupakan saat dimana perkembangan  bagian otak kecil (cerebellum) yang bertanggung jawab untuk perkembangan keseimbangan dan koordinasi gerak.

Pada saat masa kehamilan, pun tanpa adanya stressor wanita memang menjadi lebih moody atau lebih mudah tersinggung karena perubahan fisik dan hormonal yang terjadi. Penelitian ini semakin menegaskan diperlukannya dukungan dari lingkungan dan orang terdekat untuk menjaga ibu hamil dalam keadaan tenang dan merasa dicintai.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.