Apakah Virus Zika Menular Lewat ASI?

Apakah Virus Zika Menular Lewat ASI?

Sehatmagz – Virus Zika telah dinyatakan sebagai keadaan darurat global karena berkaitan erat dengan meningkatnya jumlah bayi yang lahir dengan kepala kecil di Brasil. Hingga kini, warga Brasil yang terinfeksi berjumlah lebih dari 1 juta jiwa, dan Zika telah menyebar di setidaknya 36 negara.

Dalam rekomendasi terakhir, WHO mengatakan walau Zika telah terdeteksi dalam ASI dari dua orang ibu, walau begitu tidak ada laporan bahwa  Zika menular ke bayi melalui ASI.

Badan Kesehatan U.N. mengakui, memang masih banyak pertanyaan yang belum terjawab seputar hubungan antara ASI dan virus Zika, termasuk berapa banyak virus Zika yang terkandung dalam ASI, apakah ASI ibu mampu menyalurkan antibodi pelindung bagi bayi agar terhindar dari infeksi Zika, dan berapa lama virus akan bertahan dalam ASI?

Seperti dilansir dari health.kompas.com, WHO mengatakan tidak ada kasus neurologis parah atau kerusakan otak pada bayi bila bayi terinfeksi Zika setelah mereka lahir. Sehingga, WHO tetap merekomendasikan pada para ibu untuk tetap menyusui walaupun wabah virus sedang berlangsung.

“Manfaat ASI bagi bayi dan ibu lebih besar daripada potensi risiko penularan virus Zika melalui ASI,” kata WHO.

Zika sebagian besar menyebar dari orang ke orang melalui gigitan nyamuk, meskipun ada kasus penularan lewat hubungan seksual, itu sangat jarang terjadi. WHO juga memperingatkan bahwa Zika bisa menyebar lewat tranfusi darah.

WHO mengatakan, akan meninjau bukti terbaru pada bulan depan untuk memperbarui rekomendasi ini.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.