Atasi Susah Buang Air Besar Setelah Proses Melahirkan

Atasi Susah Buang Air Besar Setelah Proses Melahirkan

Sehatmagz

Proses melahirkan memang menjadi salah satu hal yang paling menakjubkan dalam hidup seorang perempuan. Rasa sakit yang sangat luar biasa terbayarkan dengan suara tangis bayi. Di detik itu juga, sakit yang menjadi-jadi hilang begitu saja.

Setelah melahirkan, biasanya ada beberapa masalah yang dialami oleh para perempuan yaitu sembelit. Susah air besar dan bekas jaitan yang masih ngilu memang terasa menyiksa. Namun, hal itu bisa diatasi dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Mengganti vitamin

Beberapa vitamin untuk menyusui yang biasanya dikonsumsi sebelum melahirkan ada yang menyebabkan sembelit. Tapi menghentikan konsumsi vitamin tersebut bukanlah hal yang dianjurkan. Sebaiknya vitamin yang biasanya anda konsumsi dengan vitamin serupa yang lain dengan formula yang tidak akan menyebabkan sembelit. Untuk itu konsultasi pada dokter langganan merupakan pilihan yang terbaik.

Usahakan untuk relax saat buang air

Meskipun tidak disadari kebanyakan perempuan yang baru saja melahirkan merasa takut jika jahitan baik parineum maupun caesar lepas, sehingga takut saat mengejan dan akhirnya menyebabkan sembelit.

Makan biji-bijian berserat tinggi

Biji-bijian mungkin menjadi salah satu makanan yang bisa menjadi solusi. sereal gandum, roti, beras merah, segala sesuatu yang dibuat dari beras, oat, ataupun juga biji rami adalah beberapa biji-bijian yang mengandung serat tinggi.

Buah dan sayuran

Makanlah buah-buahan dan sayuran segar yang renyah dan bertekstur kasar. Anda juga bisa memakan kulitnya jika mungkin. Makanlah semua makanan tersebut secara mentah atau dimasak setengah matang saja (makanan tersebut haruslah tetap renyah saat anda menggigitnya).

Penuhi kebutuhan asupan air setiap hari

Jangan malas minum. Saat tubuh memiliki asupan air yang cukup, maka veses pun tidak akan terlalu keras. Minum satu gelas air dalam jangka waktu dua jam sekali, jika memungkinkan.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.