Bolehkah Mengonsumsi Obat-obatan Selama Menyusui?

Bolehkah Mengonsumsi Obat-obatan Selama Menyusui?

Bila Anda sedang menyusui dan perlu mengonsumsi obat, Anda pasti bertanya-tanya tentang keamanannya bagi bayi Anda. Obat apa saja yang aman untuk Anda konsumsi selama menyusui? Apakah bayi Anda juga akan mendapat paparan efek samping obat tersebut?

Hampir semua jenis obat-obatan, sebagaimana makanan yang Anda konsumsi, juga didistribusikan ke dalam ASI meskipun hanya dalam jumlah kecil. Beberapa obat bahkan memiliki konsentasi tinggi di dalam ASI. Risiko paparan obat tersebut lebih berbahaya pada bayi prematur, bayi baru lahir, serta pada bayi dengan kondisi kesehatan tidak stabil dan fungsi ginjal yang belum sempurna. Risiko paparan obat lebih kecil pada bayi sehat yang berusia lebih dari 6 bulan.

Saat Anda harus mengonsumsi obat-obatan Anda perlu memberi perhatian khusus pada bayi Anda, apakah terjadi gejala atau tanda yang tidak biasa. Bayi menjadi rewel, terjadi perubahan pola tidur dan makan, atau timbulnya ruam pada kulit; bisa menandakan adanya paparan efek obat pada bayi Anda.

Sebagian obat-obatan aman bagi bayi Anda bila Anda konsumsi saat sedang menyusui. Paracetamol, loratadin, cimetidin, omeprazol, amoksisilin, ampisilin, dan pil KB progestin merupakan beberapa contoh dari obat-obatan tersebut.

Namun, beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang lebih besar terhadap bayi Anda daripada manfaat klinisnya bagi kesehatan Anda. Bila saat ini Anda harus mengonsumsi obat-obatan tertentu karena penyakit yang Anda derita, dokter akan memberitahu Anda mengenai keamanan obat yang Anda konsumsi dengan mempertimbangan efek samping dan manfaat obat. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk berhenti menyusui sementara waktu atau seterusnya, tergantung berapa lama Anda harus mengonsumsi obat-obatan yang Anda perlukan tetapi memberikan paparan efek samping pada bayi Anda.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut bila Anda akan mengonsumsi obat-obatan selama menyusui. Bila Anda ingin obat-obatan yang dijual bebas (over-the-counter), Anda perlu memperhatikan kotak peringatan pada label obat. Hindari konsumsi obat-obatan yang tidak perlu, suplemen multivitamin dosis tinggi, dan obat-obatan herbal selama Anda masih menyusui.

Sumber: Mayo Clinic


Categories: Hamil & Menyusui

Comments

comments