Cara Redakan Nyeri Sebelum Persalinan

Cara Redakan Nyeri Sebelum Persalinan

Sehatmagz – Kontraksi pada bagian bawah perut adalah hal yang sangat alamiah terjadi pada ibu hamil yang akan segera melahirkan. Tidak hanya sekali, kontraksi tersebut terjadi berkali-kali dan menimbulkan rasa nyeri yang cukup menyiksa. Sebagian besar ibu hamil menggambarkan nyeri tersebut hampir sama dengan nyeri saat menstruasi, namun juga bisa lebih nyeri lagi dengan intensitas lebih lama.

Hal ini tentu saja membuat para ibu hamil merasa tidak nyaman, gugup bahkan panik khawatir sesuatu yang buruk akan terjadi. Meski rasa sakit akibat kontraksi tersbeut tak bisa dihindarkan, namun dengan cara-cara ini ampuh kurangi rasa nyeri dan gugup saat menghadapi persalinan.

Atasi dengan air hangat

Nyeri saat kontraksi memang benar-benar dapat membuat seseorang sangat gugup. Rasanya yang hilang dan pergi dengan intesitas nyeri lebih lama adakalanya menimbulkan panaroid tersendiri. Nah, agar perasaan gugup dan tidak nyaman tersebut dapat dikendalikan, berendamlah dengan air hangat. Bisa juga dengan menyemprotkan air hangat melalui shower yang lembut. Tekanan dari shower tersebut akan menghadirkan sensasi relaksasi pada bagian perut yang berkontraksi.

Pijatan dibagian punggung

Relaksasi juga bisa didapatkan dari pijatan lembut dibagian punggung bawah. Pijatan dengan jalur dari atas kebawah akan membuat rasa nyeri akibat kontraksi dapat diminimalisir. Selain menggunakan tangan kosong, pijatan juga bisa dilakukan dengan menekan bola tenis dengan jalur memutar dari bagian tengah punggung ke luar.

Posisikan tubuh senyaman mungkin

Saat kontraksi datang, cobalah untuk memposisikan tubuh senyaman mungkin. Sandarkan tubuh pada benda-benda yang empuk dan dapat dengan lembut menopang tubuh. Misalnya, pada bantal yang ditumpuk sedemikian rupa atau bisa juga bersandar pada suami. Namun, sebaiknya jangan bergerak terlalu sering karena bisa berpengaruh pada kondisi bayi dalam kandungan.

Berpikir positif

Rasa sakit saat kontraksi bisa semakin parah saat pikiran tak karu-karuan. Tenangkan diri sebisa mungkin, dengan berpikir bahwa rasa nyeri saat melahirkan adalah proses yang alamiah dan dialami oleh seluruh wanita.

Ketakutan berlebihan bahkan akan membuat hormon oksitoksin yang berperan penting saat kontraksi bekerja lebih lambat. Alhasil, proses persalinan akan terganggu dan kontraksi malah akan semakin sakit.

Baca juga:

Gejala Kehamilan Di Luar Kandungan (Ektopik) Dan Cara Mengatasinya

Agar Kehamilan Trimester Pertama Lancar, Ini Hal Yang Seharusnya Dilakukan


Categories: Hamil & Menyusui

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.