Konstipasi, Sulit BAB Saat Hamil

Konstipasi, Sulit BAB Saat Hamil

Konstipasi atau keluhan sulit buang air besar merupakan salah satu keluhan yang sering ditemui oleh ibu hamil. Perubahan fisiologis berupa peningkatan hormon progesteron pada tubuh ibu hamil akan menyebabkan kondisi ini. Sebenarnya hormon progesteron diproduksi oleh tubuh dengan tujuan untuk merelaksasi otot rahim agar pertumbuhan janin berlangsung optimal. Sayangnya, efek relaksasi ini juga terjadi pada otot-otot organ pencernaan seperti lambung dan usus. Efeknya pengosongan lambung akan melambat, dan gerak usus juga ikut melambat. Hal ini akan menyebabkan makanan menumpuk pada usus dan terjadi penyerapan air secara terus menerus di dalam usus sehingga feses menjadi keras. Kondisi ini lah yang menyebabkan ibu merasa kesulitan buang air besar.

 

Selain itu, asupan makanan selama kehamilan juga dapat mempengaruhi terjadinya konstipasi. Selama hamil ibu disarankan banyak mengkonsumsi zat makanan  bergizi yang tinggi serat, banyak minum, dan vitamin. Jika ibu kekurangan serat maka pencernaan akan sulit untuk mengurai makanan sampai keluarnya BAB. Vitamin zat besi yang biasa dikonsumsi selama kehamilan ternyata juga bisa memicu  konstipasi.

 

Pada trimester ketiga atau akhir kehamilan rahim otomatis akan membesar, pembesaran ini akan memberikan tekanan pada organ sekitar. Salah satunya pembuluh darah dibagian panggul atau vena cava inferior. Penekanan pada pembuluh darah ini juga dapat mempengaruhi sistem kerja usus dan terjadilah konstipasi.

 

Sebaiknya ibu melakukan diet seimbang dengan asupan serat yang cukup dari mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Ibu juga dapat menambah kebutuhan cairan minum sebanyak minimal 400 ml per hari, serta melakukan  aktivitas dan olahraga ringan secara teratur.

 

Jika ibu sering merasa penuh atau sesak pada ulu hati disarankan untuk melakukan penyesuaian asupan makanan dengan membagi porsi makan menjadi lebih sedikit dan lebih sering.

Konsultasi diperlukan jika ibu hendak mengkonsumsi obat-obatan terkait efek samping obat terhadap janin.

 


Categories: Hamil & Menyusui
Tags: hamil, konstipasi

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.