Mengecek Kehamilan Sendiri di Rumah, Apa Sudah Yakin Dengan Hasilnya?

Mengecek Kehamilan Sendiri di Rumah, Apa Sudah Yakin Dengan Hasilnya?

Deteksi kehamilan dapat dilakukan dengan melihat tanda kehamilan tidak pasti seperti tidak mendapatkan haidh, juga merasa mual dan muntah. Sementara tanda kehamilan pasti  berupa ada tidaknya janin perlu diketahui dengan bantuan tenaga kesehatan.  Namun, sebelum pergi ke fasilitas kesehatan biasanya cara yang paling sering digunakan untuk mengetahui kehamilan adalah dengan menggunakan testpack. Karena dilakukan paling awal, biasanya ada perasaan menegangkan, senang, mengejutkan, super gugup layaknya menaiki sebuah roller coster setiap akan mengecek kehamilan dengan menggunakan testpack.

Testpack dirancang untuk peka terhadap protein bernama hCG yang berasal dari ovarium. Hormon ini juga bisa ditemukan sisa pembuangannya pada urin, oleh karena itu, deteksi kehamilan dilakukan dengan mengecek kadar hCG didalam urine. Makin banyaknya kandungan hCG pada urine atau darah maka makin besar kemungkinan Anda untuk hamil.

Pertanyaannya adalah apakah hasil dari pengecekan yang Anda lakukan sendiri dengan test pack yang Anda pakai dapat benar-benar memberikan hasil yang akurat? Kebanyakan testpack dikatakan memberikan hasil akurat sebesar 99%. Tapi masih ada sisa kemungkinan  1% bukan? Itu artinya dari 100 kali pemeriksaan kehamilan dengan testpack, ada 1 hasil tes yang tidak tepat.

Nah, untuk meningkatkan akurasi pemeriksaan dengan testpack, beberapa langkah ini bisa dilakukan:

  1. Lakukan test pagi-pagi tepat saat bangun tidur, kondisi seperti itu adalah kondisi urine paling baik untuk melakukan test kehamilan dengan testpack
  2. Saat Anda telah meneteskan urine pada testpack, jangan lansung melihat hasilnya, tunggu beberapa menit karena memeriksa lebih cepat hanya akan memberikan hasil yang kurang akurat.
  3. Lakukan pengetesan jika Anda sudah melewati 7hari dari tanggal menstruasi Anda yang seharusnya. Semakin lama semakin baik, karena kandungan hCG akan lebih dapat dideteksi.

 

Tapi jika Anda tetap ragu, anda bisa melakukan test kehamilan lansung ke rumah sakit untuk hasil yang lebih pasti. Tanda pasti kehamilan dapat diketahui dengan menemukan adanya kantong kehamilan, terlihatnya bakal janin atau serta terdengarnya detak jantung bayi. Kantung kehamilan mulai dapat dilihat pada kehamilan usia 5 minggu, sementara detak jantung bayi mulai dapat dideteksi sejak kehamilan berusia 8 minggu. Jika ibu datang terlalu awal, biasanya dokter akan meminta ibu untuk datang kembali diwaktu yang lebih pas. Untuk itu, agar ibu tidak bolak-balik, jika cukup sabar ibu bisa menunggu hingga usia kehamilan diperkirakan 2 bulan, atau jika ibu minimal sudah terlambat haidh selama 2 bulan berturut-turut.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.