Seberapa Bahayakah Virus Zika Bagi Ibu Hamil?

Seberapa Bahayakah Virus Zika Bagi Ibu Hamil?

Sehatmagz – Belakangan ini di media-media ramai pemberitaan tentang virus Zika. Mungkin sebagian dari kita masih belum terlalu paham tentang virus ini. Berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban yang kami rangkum yang mungkin dapat menambah pengetahuan anda tentang virus ini.

Apakah itu virus Zika?

  • Virus Zika adalah penyakit yang menyebabkan cacat parah dan menyebar ke orang melalui gigitan nyamuk. Virus ini tidak menyebar dari orang ke orang. Virus ini biasanya menyebabkan sakit ringan dengan gejala yang berlangsung dari beberapa hari sampai satu minggu. Sakit berat yang mungkin perlu perawatan rumah sakit yang disebabkan oleh virus ini, sangatlah jarang terjadi. Sebuah tes darah dapat mengkonfirmasikan diagnosis.

Apa saja gejalanya?

  • Virus Zika biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi gejala yang mungkin terjadi adalah demam, bintil merah pada kulit, nyeri sendi, nyeri otot dan konjungtivitis (mata merah) yang terjadi tiga sampai 12 hari setelah gigitan nyamuk. Sakit yang biasa timbul adalah sakit ringan setelah gejala yang muncul setelah beberapa hari hingga satu minggu.

Dimanakah virus Zuka umum ditemukan?

  • Virus Zika dapat ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah, Karibia, Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan kepulauan Pasifik.

Mengapa virus Zika diberitakan begitu hoboh diberitakan?

  • Sebuah wabah terbaru dari virus di Brasil telah menyebabkan laporan sindrom Guillain-Barre dan wanita hamil memiliki bayi dengan cacat lahir dan hasil kehamilan yang buruk, seperti dilansir dari info. Pihak berwenang Brasil mengatakan bahwa jumlah bayi yang lahir yang dicurigai microcephaly atau kepala abnormal kecil telah mencapai 4.000 sejak Oktober.

Apa yang harus dilakukan jika anda sedang hamil atau merencanakan kehamilan dan bepergian atau tinggal di lokasi tersebut?

  • Wisatawan yang sedang hamil (di trimester apa pun) atau berencana untuk hamil dan yang tinggal di tempat tersebut, atau akan melakukan perjalanan ke daerah-daerah di mana setiap penyakit yang dibawa nyamuk diketahui terjadi, maka haruslah mempertimbangkan untuk menghindari perjalanan ke daerah itu. Jika perjalanan tidak dapat dihindari, atau mereka tinggal di daerah di mana wabah aktif dilaporkan, maka mereka harus mengambil langkah-langkah cermat untuk menghindari gigitan nyamuk selama siang dan malam hari.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.