Tips Menghindari Bayi Bingung Puting

Bingung puting merupakan tindakan penolakan bayi untuk menyusu langsung pada payudara karena kesulitan untuk melekat dan menghisap payudara ibu. Ini terjadi karena bayi sudah dikenalkan dengan media menyusu lain seperti empeng dan dot. Kondisi ini sering ditemui sampai bayi berusia 5 minggu, pada beberapa kasus masih bisa ditemui sampai bayi berusia 5 bulan.

Bayi yang menyusu pada ibu akan berbeda mekanismenya ketika saat bayi menyusu dengan dot, ketika menyusu dengan dot bayi tidak perlu membuka mulutnya lebar dan dot tidak perlu masuk jauh ke dalam mulut bayi.

Ketika bayi menyusu pada ibu dengan mekanisme menghisap dari dot, puting payudara ibu akan mengalami trauma dan lama kelamaan ASI akan keluar lebih sedikit. Bayi juga akan sulit melekat dan menghisap sehingga pengosongan payudara akan tidak sempurna.

Minum dengan botol sifatnya lebih pasif tergantung dari besarnya lubang, kemiringan botol dan ketebalan karet dot. Tampaknya bayi lebih mudah minum dengan dot, namun penelitian membuktikan menyusu dengan  dot memerlukan energi yang lebih banyak untuk menahan agar bayi tidak tersedak.

Berikut ini tips untuk mengindari bingung puting:

  1. Sebelum terjadi bingung puting, baiknya ibu hindari penggunaan dot dan empeng pada bayi baru lahir, karena bayi belum mengetahui bagaimana cara menyusu yang benar.
  2. Jika terpaksa memberikan ASI perah. Berikan menggunakan sendok, cangkir, atau cup feeder dan dilakukan oleh orang lain selain ibu.
  3. Perbanyak skin to skin contact ibu dan bayi, hal ini akan meningkatkan bonding ibu dan bayi sekaligus merangsang bayi untuk menyusu pada payudara.
  4. Berikan waktu ibu sepenuhnya untuk bayi.
  5. Ibu juga harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi seimbang dan cukup cairan.
  6. Dukungan dari pasangan dan keluarga sangat diperlukan agar ibu tetap semangat menyusui bayinya
  7. Tanamkan selalu bahwa ASI merupakan makanan terbaik bayi, dan susu formula bukan solusi pada kasus bingung puting.

Namun jika bayi anda sudah terlanjur mengalami bingung puting, sebaiknya segera konsultasi ke konselor ASI atau konsultan laktasi, hindari penggunaan dot atau empeng, jika sementara bayi belum mau melekat pada payudara gunakan alat bantu lain seperti sendok, coba terus tawarkan bayi menyusu langsung.

Jangan pernah menyerah untuk mencoba menyusui bayi, karena lama-kelamaan bayi akan terbiasa lagi menyusu langsung pada payudara. Tetap optimis dan percaya diri akan membantu ibu melewati masa bingung puting.


Categories: Hamil & Menyusui

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.