Tunda Kehamilan Hingga Usia 40 Tahun, Ini Risikonya Bagi Tubuh Wanita

Tunda Kehamilan Hingga Usia 40 Tahun, Ini Risikonya Bagi Tubuh Wanita

Sehatmagz – Dewasa ini, tak sedikit wanita yang menunda kehamilannya hingga usia 40 tahun. Menurut studi, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke pada wanita.

Studi dari Zeenat Qureshi Stroke Institute di Minnoseta menyebutkan bahwa wanita yang menjadi seorang ibu di usia 40-an, lebih mungkin untuk mengalami serangan jantung atau stroke, jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki anak di usia awal dewasa.

Studi yang telah dipresentasikan pada American Stroke Association`s International Stroke Conference di Los Angeles ini dilakukan dengan melibatkan lebih dari 72 ribu wanita. Sekitar 3.300 responden di antaranya hamil di usia yang tak muda lagi.

Setelah diteliti selama 12 tahun, para peneliti membandingkan angka kejadian serangan jantung dan stroke pada responden-responden tersebut. Ditemukan bahwa 2,4 persen dari wanita yang hamil di usia muda berisiko terkena stroke iskemik. Sementara itu, mereka yang hamil di atas usia 40 tahun memiliki risiko sebesar 3,8 persen.

Untuk risiko penyakit jantung, hasil yang didapatkan tidak terlalu jauh. Mereka yang hamil di usia awal memiliki risiko lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang hamil di usia tua. Perbedaannya cukup jauh, yakni 1,6 persen.

“Sudah diketahui bahwa wanita yang hamil di usia tua memiliki lebih banyak risiko dibandingkan dengan wanita yang hamil di usia muda. Studi ini membuktikan lagi,” ujar Prof Adnan Qureshi, peneliti utama dari Zeenat Qureshi Stroke Institute, seperti dilansir dari Mirror, Jumat (19/2/2016).

Menurutnya, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui risiko ini supaya mereka bisa mengambil keputusan dengan tepat, seperti dilansir dari health.detik.com. Jika memang sudah terlanjur hamil di usia yang tak lagi muda, wanita harus lebih rajin konsultasi ke dokter dan mengikuti semua anjuran dokter dengan teratur.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.