Puasa Juga Bermanfaat Untuk Mencegah Penyakit Autoimun

Puasa Juga Bermanfaat Untuk Mencegah Penyakit Autoimun

Para peneliti dari Yale University berhasil menemukan senyawa yang diproduksi oleh tubuh ketika melakukan diet atau berpuasa. Senyawa β-hydroxybutyrate (BHB) ini diketahui berhubungan dengan penyakit diabetes tipe 2, aterosklerosis dan Alzheimer.

Dalam publikasi pada jurnal Natue Medicine Februari 2015, para peneliti menjelaskan bagaimana senyawa β-hydroxybutyrate (BHB) secara langsung menghambat NLRP3, sebuah protein yang tergabung pada kompleks inflammasome.  Kompleks inflammasome  sendiri merupakan kompleks yang memberikan reaksi peradangan (inflamasi) dan menimbulkan  penyakit autoimun, alzheimer,  diabetes tipe 2, dan atherosklerosis.

Sebelumnya telah banyak diketahui bahwa berpuasa dan pembatasan kalori menurunkan respon peradangan di dalam tubuh. Namun masih tidak jelas bagaimana sel imun beradaptasi terhadap kondisi kurangnya kadar glukosa yang ada di dalam tubuh dan apakah sel imun dapat berespon terhadap proses pembakaran pada lemak. BHB sendiri merupakan metabolit hasil pembakaran lemak. Oleh karena itu, selain ditemukan pada saat puasa, metabolit ini juga diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap olahraga intensitas tinggi, diet pembatasan kalori dan diet ketogenik.


Categories: Puasa

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.