3 Cara Membantu Kekebalan Tubuh

3 Cara Membantu Kekebalan Tubuh

Tanpa sistem kekebalan tubuh, menyikat gigi pun bisa menyebabkan bakteri masuk ke aliran darah dan menyebabkan kematian. Betapa luar biasanya tubuh kita tercipta dengan bentuk yang sebaik-baiknya, lengkap dengan kekebalan tubuh yang melindungi diri kita dari berbagai bahaya yang dapat mengancam kesehatan bahkan keselamatan kita. Dengan canggihnya sistem kekebalan tubuh manusia, kita tetap dapat membantu kekebalan tubuh kita dengan 3 cara berikut ini :

1. Menjaga kebersihan diri.
Cara pertama menjaga tubuh dari penyakit adalah dengan menghindari masuknya berbagai sumber penyakit ke dalam tubuh kita. Dengan cara ini, kita mencegah infeksi datang menyerang. Hal-hal yang dapat dilakukan di antaranya :
– Mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. Sebaiknya air yang digunakan adalah air mengalir, misalnya dari kran.
– Menutup mulut dan hidung dengan sapu tangan, tissue, atau lengan area siku ketika batuk atau bersin.
– Menjaga kebersihan luka. Luka apapun yang cukup serius sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk menghindari infeksi parah.

3 Cara Membantu Sistem Kekebalan Tubuh (novozymes)

3 Cara Membantu Kekebalan Tubuh (novozymes)

2. Melakukan imunisasi/vaksinasi.
Banyak penyakit infeksi yang bisa dicegah dengan imunisasi. Efek samping yang mungkin terjadi hanya demam ringan atau pegal-pegal. Efek tersebut sangat kecil dibandingkan manfaat yang didapat. Yang perlu diperhatikan :
– Anak-anak sejak lahir sebaiknya mendapatkan imunisasi sesuai rekomendasi dokter.
– Orang dewasa sebaiknya selalu mengetahui status imunisasinya dan berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui apakah ada vaksinasi yang perlu didapatkan.
– Orang yang akan melakukan perjalanan (dekat maupun jauh) harus mengetahui apakah ada vaksin tertentu yang dibutuhkan untuk menghindari tertular penyakit di lokasi tujuan.

3 Cara Membantu Sistem Kekebalan Tubuh (the fix)

3 Cara Membantu Kekebalan Tubuh (the fix)

3. Memastikan keamanan makanan-minuman.
Seperti yang pernah kami bahas pada beberapa waktu lalu mengenai Food Safety (Keamanan Makanan), keamanan makanan adalah isu kesehatan global saat ini. Beberapa zat berbahaya yang mungkin terbawa makanan dapat menyebabkan penyakit serius. Oleh karena itu, makanan harus disimpan dan disediakan dengan prosedur yang aman sebelum dikonsumsi. Yang perlu dilakukan :
– Memastikan kebersihan tangan saat menyentuh makanan, baik saat menyimpan, menyediakan, sampai menyantapnya.
– Membersihkan bahan makanan seperti daging, buah dan sayuran dicuci dengan air mengalir sebelum dimasak dan dihidangkan.
– Memisahkan makanan mentah dan makanan matang. Bahkan, hindari menggunakan peralatan masak atau makan yang sama untuk keduanya. Jika memang harus, bersihkan dulu sebelum digunakan kembali.
– Masak dalam panas yang cukup. Daging hingga 70*C, Produk unggas hingga 80*C, ikan hingga memutih keruh (tidak bening transparan).
– Minum air dalam kemasan atau air yang sudah direbus.
– Jangan makan atau minum apapun dari alam mentah-mentah tanpa diolah.

3 Cara Membantu Sistem Kekebalan Tubuh (fightbac)

Cara Membantu Kekebalan Tubuh (fightbac)

Selamat mencoba menjalankan tips di atas. Semoga kesehatan kita selalu terjaga.


Comments

comments