4 Cara Mudah Usir Bau Mulut Selama Berpuasa

4 Cara Mudah Usir Bau Mulut Selama Berpuasa

Sehatmagz – Saat menjalani puasa, mulut akan mengalami kekeringan karena tidak makan dan minum. Produksi air liur pun menjadi berkurang. Hal ini bisa menjadi penyebab utama bau mulut.

Bau mulut saat puasa dapat menjadi masalah utama ketika harus bertemu dan berbicara dengan banyak orang. Anda yang memiliki aktivitas tinggi saat bulan puasa, tentu tak mau memiliki napas yang tak segar.

Berikut ini empat cara mudah mengusir bau mulut yang dapat anda praktikkan.

1.Banyak minum air saat sahur

Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktu imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih.minumlah sedikitnya, 2-3 gelas air putih.

Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Saat waktunya berbuka puasa, juga jangan lupa minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

2.Sikat gigi setelah makan

Baik saat bulan puasa maupun tidak, sikat gigi setelah makan harus dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat bulan Ramadhan, jangan lupa menyikat gigi setelah makan sahur untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.

3.Gunakan obat kumur antibakteri

Hanya dengan sikat gigi terkadang tak mampu menjangkau semua sela-sela gigi. Gunakanlah obat kumur antibakteri agar maksimal membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut. Dengan begitu, tak ada sisa makanan dan mencegah datangnya bakteri.

4.Bersihkan lidah

Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan, seperti dikutip dari health.kompas.com. Tak tertutup kemungkinan bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah.

Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalm sehari untuk menghilangkan plak dan mencegah bau mulut terjadi.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.