4 Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

4 Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

Sehatmagz – Saat memutuskan untuk donor darah rutin, anda tak Cuma memberikan kesempatan bagi orang lain untuk sembuh dan menjadi sehat. Rutinitas tersebut faktanya juga memberikan segudang manfaat positif bagi kesehatan tubuh anda sendiri. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1.Menyehatkan jantung dan pembuluh darah

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA), peneliti menemukan bahwa responden berusia 43-61 tahun yang rutin donor darah memiliki penurunan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.hal ni didapat jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah atau jarang donor darah.

Studi lain yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemology menyebutkan bahwa mereka yang donor darah secara rutin setidaknya sekali dalam setahun memiliki penurunan risiko sakit jantung hingga 88 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah donor darah.

2.Mengurangi risiko kanker

Saat donor darah, dipastikan kadar zat besi dalam tubuh akan mengalami penurunan. Jika berlebihan, kadar zat besi dapat meningkatkan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dan penuaan. Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, ditemukan mereka yang rutin donor darah memiliki kadar besi lebih stabil dan mengalami penurunan risiko kanker.

3.Membakar kalori

Menurut University of California, setiap liter darah disumbagkan maka seseorang membakar rata-rata 650 kalori dalam tubuhnya. Namun meskiun demikian, donor darah tidak boleh dianggap sebagai salah satu tindakan untuk program penurunan berat badan.

4.Meningkatkan kebugaran tubuh

Dalam setiap tetes darah yang disumbangkan, maka tubuh akan kembali ‘memproduksi’ darah dalam jumlah yang sama. Ini berarti darah baru dengan kuantitas yang lebih baik akan bekerja di dalam tubuh, seperti dikutip dari health.detik.com. Dengan sel-sel darah yang lebih baru, bisa dipastikan metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih baik dibandingkan jika anta tak pernah donor darah sebelumnya.

 

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.