6 Makanan Terbaik Untuk Atasi Sembelit

6 Makanan Terbaik Untuk Atasi Sembelit

Sehatmagz – Tidak ada yang suka menderita sembelit. Rasanya sangat ingin ke toilet, tapi tak berdaya karena semuanya tertahan di dalam. Tubuh anda seperti menghianati anda. Apa yang harus anda lakukan?

Mengetahui penyebabnya adalah bagian dari pencegahan. Setelah itu, baru anda mencari tahu apa yang bisa membantu anda mengakhiri penderitaan tersebut. Terkadang, hal-hal sederhana di dapur anda bisa memberi bantuan yang diperlukan. Contohnya seperti di bawah ini:

1.Biji-bijian dan gandum

Keduanya sarat serat yang adalah sahabat sistem pencernaan anda. “Ada dua jenis serat, yang larut dan tidak larut air. Keduanya bisa membantu mengatasi sembelit,” kataNitin Kumar, M.D., dokter yang menggeluti bisang manajemen berat badan dan pencernaan.

Tubuh anda tidak dapat mencerna serat tidak larut, fungsinya adalah menjaga keteraturan kerja usus. Serat tidak larut terdapat dalam biji-bijian, seperti gandum utuh.

Di sisi lain, serat larut, berubah menjadi gel ketika kontak dengan air. Fungsinya adalah membantu melunakkan kotoran, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

2.Air

Meningkatkan asupan serat tidak akan efektif jika tidak dibarengi cukup air. Tanpa air ayng cukup, usus anda akan menyerap air dari feses, sehingga lebih sulit bagi anda untuk mengeluarkannya. Intinya, dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, kata Kumar.

3.Kacang hijau

Kacang yang satu ini memiliki serat tidak larut, berbeda dari anggota lain kacang-kacangan. Banyak kacang-kacangan memiliki kedua jenis serat dan dapat membuat perut terasa kembung, kata Kumar. Itu karena mereka mengandung oligosakarida, sejenis gula yang susah dicerna.

“Bakteri dalam perut anda mencoba untuk menghancurkan mereka, dan itulah yang membuat perut menghasilkan gas dan menjadi kembung,” jelas Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N., pemilik Nutrition Starring You.

Kandungan oligosakarida dalam kacang hijau lebih sedikit dibanding jenis kacang-kacangan yang lain, sehingga lebih bisa ditoleransi oleh pencernaan anda.

 

4.Buah-buahn dan sayur segar atau beku

Selama buah dan sayuran tidak dikuliti (terutama buah), maka mereka mengandung banyak serat yang dibutuhkan untuk mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah dan sayur segar secara teratur setiap hari akan mencegah sembelit datang menyerang.

5.Buah kering

Buah kering mengandung banyak sorbitol atau gula alkohol, kata Harris Pincus. Meski banyak ahli lebih merekomendasikan buah segar, karena buah kering lebih banyak mengandung gula (yang bisa membuat lingkar pinggang bertambah) namun jika dalam keadaan sembelit, buah kering bisa dikategorikan sebagai obat yang ampuh.

Sorbitol memiliki efek pencahar, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan yang tersumbat, kata Kumar.

6.Kopi

Telah banyak orang mengetahui, bahwa kpi juga memiliki efek diuretik dan pencahar, bisa membuat anda ingin bolak-balik ke toilet.

“Kafein merangsang usus untuk bergerak,” kata Kumar, seperti dikutip dari health.kompas.com. Kopi juga dapat memengaruhi kandung empedu, membantu tubuh anda lebih cepat mencerna makanan yang masuk. Walhasil, proses harian anda pergi ke toilet bisa berjalan lebih lancar.

 

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.