7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (2)

7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (2)

Baca tulisan sebelumnya : 7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (1)

4. Memandikan atau mengganti popok
Aktivitas ini mungkin salah satu yang paling banyak dilakukan oleh ibu saat mengasuh bayinya. Dalam sehari, ibu bisa mengganti popok bayi hingga belasan kali. Sesekali ayah bisa mencoba untuk memandikan atau mengganti popok. Sekali lagi, aktivitas ini pun bisa disertai komunikasi antara ayah dan bayi.

5. Membacakan sesuatu
Sebelum penglihatan bayi berfungsi, pendengarannya sudah lebih dulu menangkap berbagai hal dari dunia luar. Bahkan menurut sejumlah penelitian, sejak di dalam kandungan bayi sudah bisa mendengar suara di luar. Ketika ayah sedang membaca koran atau berita dari berbagai media, sesekali bacalah dengan suara keras sambil menggendong bayi. Ini juga bisa diterapkan saat ayah membaca doa atau kitab suci.

6. Menjadi bahan eksplorasi
Dengan kumis, jenggot, hingga seluruh wajahnya ayah adalah “benda” yang sangat menarik untuk dieksplorasi oleh tangan bayi.

Cobalah berikan bayi kesempatan untuk mengeksplorasi wajah ayah. Yang penting ayah perlu berhati-hati karena kuku bayi yang mungil kadang runcing dan tangannya yang kecil mungkin menggenggam rambut atau jenggot anda lalu menariknya dengan kuat.

7. Mengambil foto
Meskipun katanya selfie sudah dikategorikan sebagai kelainan perilaku oleh ahli kedokteran jiwa, biarlah ayah sesekali ambil momen untuk berfoto bersama bayi dengan selfie atau dibantu ibu. Selain akan menjadi data yang bisa dilihat di masa depan, momen tersebut juga bisa jadi berkesan bagi ayah dan bayi.

7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (chicken smoothies)

7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (chicken smoothies)

Demikian 7 tips agar ayah dekat dengan bayinya. Sekali lagi, bayi yang mendapat banyak sentuhan ayah akan tumbuh lebih sehat daripada bayi yang hanya mendapatkan sentuhan ibu. Bayi sudah memiliki sosok ibu dan ayah tidak perlu bertindak seperti ibu bagi bayi. Yang dibutuhkan bayi adalah sosok ayah seperti apa adanya. Semoga bermanfaat!


Tags: anak, ASI, ayah, bayi, ibu, Tips

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.