7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (1)

7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (1)

Memiliki bayi pertama kali adalah suatu pengalaman yang tentunya berkesan dan sangat membahagiakan bagi orang tua. Yang biasanya terjadi, ibu lebih banyak berinteraksi dengan bayi sedangkan ayah terkendala berbagai hal. Mungkin karena secara alami bayi membutuhkan ASI yang hanya bisa didapat dari ibu. Mungkin juga ada rasa canggung ayah saat memegang bayinya yang masih sangat kecil. Selain itu ayah harus berkutat dalam kesibukan kerja yang sangat menyita waktu sehingga sedikit sekali waktu dengan bayinya. Saat ada waktu pun tenaga yang tersisa sangat sedikit karena aktivitas pekerjaan yang sangat melelahkan. Tantangan ini biasa dihadapi oleh seorang ayah. Padahal, penelitian terkini mengungkapkan bahwa anak yang mendapatkan sentuhan ayah tumbuh dan berkembang lebih sehat daripada anak yang hanya mendapatkan sentuhan ibu. Oleh karena itu, SehatMagz akan memberikan 7 tips agar ayah dekat dengan bayinya.

1. Berikan susu botol tengah malam
Bayi menangis di tengah lelapnya tidur malam adalah hal biasa. Sesekali, ayah bisa mencoba untuk meringankan tugas ibu terbangun di tengah malam. Cobalah untuk ambil giliran. Selagi masa ASI eksklusif 6 bulan pertama, ibu bisa mencoba memompa ASI sebelum tidur untuk disediakan ke dalam botol. Saat bayi terbangun di tengah malam, berikan susu melalui botol. Sambil memberikan susu, ajak bayi untuk berbicara. Meski kodratnya kosa kata pria tidak sebanyak wanita, cobalah untuk berbincang dengan bayi. Tengah malam itu bisa jadi adalah waktu eksklusif berdua bersamanya.

7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (huffingtonpost)

7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (huffingtonpost)

2. Lomba menatap
Biasanya pria suka sekali dengan lomba dan tantangan. Biasanya juga bayi suka sekali menatap wajah di dekatnya. Cobalah untuk menjadikan itu paduan tantangan yang seru. Dalam jarak dekat, ayah menatap bayi hingga bayi pun menatap wajahnya. Tantangannya adalah siapa yang berkedip pertama maka dia kalah. Lomba menatap ini bisa jadi momen menarik bagi ayah dan bayi. Sekali lagi, ayah juga bisa memanfaatkan momen ini untuk berbicara dengan bayi agar momen tersebut lebih berkesan untuk bayi.

3. Menjadi kanguru
Bagi bayi, sentuhan fisik kadang sangat berarti. Bahkan ada bayi yang jika tidak digendong pasti menangis. Bagi ayah maupun ibu, ini mungkin bisa menyusahkan. Akan tetapi, sesekali ayah bisa memanfaatkan ini untuk membangun kedekatan. Di waktu senggang atau hari libur, ayah bisa menjadi kanguru dengan menggendong bayi menggunakan baby sling atau sejenisnya sambil melakukan aktivitas lain seperti merapikan rumah, mencuci kendaraan, atau menyiram tanaman.

 

Baca lanjutannya : 7 Tips Agar Ayah Dekat Dengan Bayinya (2)


Tags: anak, ASI, ayah, bayi, ibu, Tips

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.