8 Cara Mudah Mengontrol Gula Darah

8 Cara Mudah Mengontrol Gula Darah

Sehatmagz – Kadar gula darah tinggi bisa menjadi malapetaka. Seperti Anda tahu, gula darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan diabetes tipe-2, penyakit yang harus disandang seumur hidup dan dapat menjadi pemicu penyumbatan pembuluh darah yang membahayakan jantung dan otak. Turunkan kadar gula darah Anda dengan delapan cara mudah ini:

1.Tekun berolahraga

Artinua, berlatihlah setidaknya 20 samai 30 menit setiap hari. Dibutuhkan hanya beberapa hari latihan terjawab dan makan yang buruk untuk memperburuk resistensi insulin seseorang, kata Barry Braun, Ph.D., seorang profesor kinesiologi di Universitas Massachusetts di Amherst. Untuk memastikan Anda tetap dengan itu, memilih latihan yang paling Anda nikmati.

2.Perbanyak konsumsi kayu manis

Studi menunjukkan kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Ini berarti tubuh Anda membutuhkan lebih sedikit hormon insulin untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap normal.

“Supermarket barang murah bekerja sama dengan baik sebagai versi suplemen mahal,” kata Jonny Bowde

3.Konsumsi asam alpha linolic

Jika glukosa darah Anda tinggi. “Suplemen initak terkalahkan sebagai nutrisi gula darah dan merupakan suplemen yang diresepkan oleh dokter di Eropa,” katanya.

Bowden merekomendasikan Anda mengonsumsi 300 miligram dua kali sehari ketika kadar gula darah sedang naik.

4.Hindari minuman manis

Sekalipun minuman tersebut berlabel minuman olahraga atau sport drink. Ilmuwan University of Massachusetts baru-baru ini menemukan, bahwa berolahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 40 persen ketika Anda telah membakar 500 kalori.

5.Miliki alat monitor gula darah

Ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui makanan dan minuman mana saja yang bisa mempengaruhi gula darah Anda.

6.Ngemil biji labu atau bunga matahari

Biji labu atau bunga matahari kaya akan magnesium, mineral yang dapat melawan resistensi insulin, menurut sebuah studi tahun 2006 dari peneliti Tufts University

7.Makan setiap 2-3 jam

Lebih sering makan namun dengan jumlah yang tertakar, bisa membantu mencegah gula darah Anda turun yang menyebabkan dorongan rasa lapar tak terkendali, kata Braun.

8.Tinjau pengobatan yang sedang dijalani

Jika Anda sedang mengonsumsi thiazide diuretik untuk mengatasi hipertensi, tanyakan kepada dokter Anda kemungkinan untuk beralih ke ACE inhibitor, seperti dikutip dari health.kompas.com. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Hypertension tahun 2006, yang mengevaluasi 59 jenis obat menemukan, hubungan yang kuat antara kadar kalium rendah yang disebabkan oleh obat diuretik dengan peningkatan glukosa darah.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.