9 Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Berat Badan Ideal

9 Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Berat Badan Ideal

Sehatmagz – Salah satu hal terpenting dalam menjaga berat badan agar tetap ideal adalah meningkatkan metabolisme. Namun seberapa cepat tubuh seseorang dapat membakar kalori, tergantung pada berbagai hal. Sebagian orang ada yang mempunyai metabolisme yang cepat, tapi ada juga yang lambat.

Dalam hal ini, pria membakar lebih banyak kalori dibanding wanita, bahkan ketika sedang beristirahat. Sebagian orang metabolismenya akan terus menurun setelah berusia 40 tahun. Meski anda tak bisa mengontrol usia, jenis kelamin, atau berbagai hal genetik lainnya, 10 cara berikut ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda.

  1. Membentuk otot

Proses pembakaran kalori dalam tubuh akan terus terjadi walaupun dalam keadaan tidak melakukan apa-apa. Orang yang berotot cenderung memiliki Resting Metabolic Rate atau tingkat metabolisme istirahat yang tinggi. Setiap otot menghabiskan sekitar 6 kalori per hari, sementara setiap pound lemak membakar 2 kalori. Setelah latihan yang cukup, otot akan muncul dan akan meningkatkan metabolisme harian anda.

 

  1. Tingkatkan latihan fisik

Latihan aerobik tidak akan menumbuhkan otot, namun latihan tersebut selama beberapa jam dalam seminggu, dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Latihan dengan tingkat intensitas tinggi akan berdampak positif pada metabolisme anda. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, anda juga dapat mencoba kelas gym dan perbanyak jogging.

 

  1. Perbanyak minum air putih

Untuk proses pembakaran kalori, tubuh membutuhkan banyak air. Metabolisme akan menurun jika anda dehidrasi atau kekurangan air. Riset menunjukkan orang dewasa yang minum 6-8 gelas per hari akan membakar kalori yang lebih dibanding orang yang hanya minum 4 gelas sehari. Agar tubuh tetap terhidrasi, minum segelas air sebelum makan atau anda dapat mengonsumsi buah atau sayur-sayuran yang mengandung banyak air sebagai camilan.

 

  1. Perbanyak camilan

Sering mengonsumsi camilan, dapat membantu anda menurunkan berat badan. Makanlah camilan tiap 3-4 jam untuk menambah metabolisme karena banyak kalori yang terbakar. Beberapa studi mengungkapkan, seseorang yang makan camilan cenderung makan lebih sedikit saat makan besar.

 

  1. Makan makanan pedas

Makanan pedas mengandung bahan kimia alami yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme, seperti campuran paprika merah atau hijau. Walau ini hanya bersifat sementara, namun manfaatnya akan terasa jika sering mengonsumsi makanan pedas.

 

  1. Perbanyak protein

Jika anda mengonsumsi protein, artinya banyak kalori yang terbakar di dalam tubuh dibanding karbohidrat. Untuk menyisiati ini, ganti karbohidrat dengan makanan berlemak yang akan meingkatkan metabolisme tubuh. Sumber protein ada pada daging, ikan, ayam, tahu, kacang-kacangan, dan telur.

 

  1. Mengonsumsi kopi hitam

Salah satu khasiat kopi adalah untuk menambahkan tingkat metabolisme tubuh. Kafein mengurangi rasa lelah, bahkan bisa membuat anda lebih berenergi saat berolahraga.

 

  1. Minumlah the hijau

Kombinasi kafein dan catechins dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh hanya dalam beberapa jam. Peneliti menyarankan untuk minum teh, setidaknya 2-4 cangkir untuk membakar kalori hingga 17% pada saat beraktifitas.

 

  1. Hindari diet ketat

Hindari diet ketat dengan mengonsumsi kalori kurang dari 1.200 (wanita) dan 1.800 (pria) per hari. Walaupun ini dapat menurunkan berat badan, cara ini tak sehat karena mengorbankan nutrisi, seperti dilansir dari health.kompas.com. Dengan melakukan diet ketat, anda akan kehilangan otot dan metabolisme anda pun akan menurun. Akibatnya, tubuh menjadi lebih gemuk dan pembakaran kalori lebih sedikit.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.