Dampak Konsumsi Gula Berlebihan Pada Otak

Dampak Konsumsi Gula Berlebihan Pada Otak

Sehatmagz – Konsumsi gula memang diperlukan sebagai energi tubuh. Tetapi,jika konsumsi gula berlebihan setiap hari, bukan manfaat sehat yang didapatkan.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of New South Wales, Australia, makan gula terlalu banyak tak hanya menyebabkan obesitas, tetapi berdampak buruk bagi otak. Peneliti menemukan adanya perubahan hippocamus atau bagian otak yang mengatur fungsi memori dan stres, pada anak yang terlalu banyak makan makanan manis.

Anak-anak yang sering makan makanan manis setiap hari akan berisiko mengalami stres lebih awal.

Dalam penelitian tikus, peneliti menemukan hippocampus yang sama antara tikus stres yang tidak diberi gula dan tikus yang sebelumnya tidak stres tetapi terus diberi gula.

Jayanthi maniam dan Profesor farmalogi Margaret Morris dari University of New South Wales, Australia mengatakan, penelitian ini seharusnya dapat mendorong semua orang untuk segera mengurangi asupan gula per hari, termasuk anak-anak atau remaja. Sebab gula berlebihan tak hanya menjadi masalah bagi kesehatan fisik, tetapi juga mental.

Konsumsi gula yang dianjurkan hanya 50 gram gula atau 4 sendok makan per hari. Sayangnya, banyak anak-anak, khususnya mulai dari usia 9 tahun hingga 16 tahun yang asupan gulanya berlebihan.dari makanan dan minuman manis yang dikonsumsi setiap hari itu tidak diketahui berapa banyak gula yang masuk ke dalam tubuh, seperti dikutip dari health.kompas.com.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.