Diet Sehat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Ala Diet Weightwatcher

Diet Sehat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Ala Diet Weightwatcher

Panduan diet sehat menjadi hal yang penting di masa kini, baik untuk orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan maupun orang yang menginginkan gaya hidup sehat. Sebelumnya, Sehatmagz sudah pernah menulis tentang panduan diet DASH sebagai salah satu salah satu panduan diet yang sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Menurut US News & World Report, panduan diet DASH merupakan yang terbaik di antara berbagai panduan diet sehat yang ada. Akan tetapi, menurut sumber yang sama terdapat panduan diet lain yang lebih baik dari panduan diet DASH jika dikhususkan untuk menurunkan berat badan. Panduan diet tersebut oleh pencetusnya dinamakan Weightwatcher. Weightwatcher dipercaya sudah teruji lebih dari 40 tahun. Weightwatcher juga dianggap mampu menanamkan kebiasaan sehat.

Panduan diet Weightwatcher memang khusus bertujuan untuk menurunkan berat badan. Panduan ini diklaim mampu menurunkan berat badan sekitar 1 kilogram per pekan. Penurunan beratnya memang tidak drastis, tapi justru dianggap efektif. Penurunan berat badan yang dicapai mampu terjadi perlahan namun bertahan dalam waktu yang lama.

Weightwatcher tidak membuat daftar makanan yang tidak boleh maupun yang boleh. Itu tampaknya juga menjadi kelebihan dari Weightwatcher karena dapat disesuaikan dengan pola hidup personal. Weightwatcher menekankan pada pola makan yang cerdas, kebiasaan hidup yang sehat, latihan fisik yang memadai, penurunan berat badan yang perlahan, dan lingkungan yang mendukung.

Menurut pencetusnya, untuk mempertahankan berat ideal dibutuhkan perubahan gaya hidup yang menyeluruh meliputi aspek fisik, mental, dan emosional dengan dukungan kelompok/lingkungan. Weightwatcher memfasilitasi hal tersebut dengan memiliki jaringan global berbasis situs web berupa kelas-kelas pertemuan yang melibatkan kurang lebih 25 juta orang per pekan.

 

Diet Sehat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Ala Diet Weightwatcher(The Nutrition Post)

Diet Sehat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Ala Diet Weightwatcher (The Nutrition Post)

Weightwatcher berjalan berdasarkan sistem poin, dimana setiap makanan memiliki poin tertentu berdasarkan kandungan nutrisinya. Setiap orang ditentukan batas poin masing2 untuk mempermudah program personal. Oleh karenanya, dalam Weightwatcher penting sekali untuk menghitung poin. Weightwatcher memang dianggap versi lain dari diet rendah kalori, namun diet ini diakui mampu menjadi langkah awal mengurangi makanan tinggi kalori.

Dari segi kelemahan, Weightwatcher dikritik karena dianggap melupakan aspek nutrisi. Seperti misalnya kita memakan sebuah permen dan sebuah roti. Mungkin jumlah kalori keduanya sama, namun kandungan nutrisinya jelas berbeda. Ini menjadi aspek yang tidak diperhatikan dalam Weightwatcher. Selain itu, diyakini juga tidak mudah untuk menjalani pola makan menyesuaikan dengan sistem poin. Sebagai tambahan, pola menghitung poin ini lama kelamaan juga bisa jadi membosankan. Khusus di Indonesia, kelompok Weightwatcher sepertinya belum ada. Meski demikian, kita masih bisa menggunakan fasilitas-fasilitas online yang tersedia.

Kabar gembiranya, sejak tahun 2014 Weightwatcher meluncurkan inovasi baru yaitu online chat kapan pun selama 24 jam 7 hari bersama coach yang sudah pernah sukses dengan program Weightwatcher dan fasilitas virtual coach yang juga mampu membantu kita menjalankan program Weightwatcher. Selamat mencoba!


Comments

comments