Hindari Kantuk dengan Ngopi Saat Sahur, Ini Dampaknya

Hindari Kantuk dengan Ngopi Saat Sahur, Ini Dampaknya

Sehatmagz – Sebagian dari kita memilih kopi sebagai teman makan sahur untuk menghindari kantuk di pagi harinya. Pertanyaannya, apakah minum kopi ketika sahur memiliki dampak bagi kesehatan?

dr Andreas Prasadja, RPSGT dari klinik Gangguan Tidur, RS Mitra Kemayoran mengatakan bahwa hal tersebut tak berpengaruh apa-apa. “Kopi seperti itu nggak ngaruh,” tegasnya.

Untuk menghilangkan kantuk, hanya ada satu cara, yaitu tidur. Pertama, bisa dengan memajukan jam tidur menjadi satu jam lebih awal lalu tidur lagi selepas sahur.

“Kalau terpaksa berangkat kerja setelah sahur, sesampainya di kantor atau tempat tujuan, tidur sejenak agar tidak mengantuk,” jelasnya.

Diingatkan Retno Pangastuti, DCN, Mkes dari RSUP Dr Sardjito, saat makan sahur usahakan untuk menghindari kopi dan teh kental.

“Pada beberapa orang,kopi itu memang membuat lebih sering buang air kecil. Teh juga sama, apalagi yang terlalu kental,” urainya.

Untuk itu kurang dianjurkan mengonsumsi kopi dan teh di saat sahur, terutama jika memang teksturnya terlalu kental dan kebutuhan cairan lainnya tidak terpenuhi, seperti dikutip dari health.detik.com.

“Kopi dan teh itu kan karena ada kafeinnya, ada stimulannya. Bisa energy drink segala itu kafeinnya lebih tinggi dari kopi, itu yang bikin cepat abis cairannya (dalam tubuh),” timpal dr Andry Hartono, SpGK dari RS Panti Rapih Yogyakarta.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.