Inilah 5 Cara Lancarkan BAB Selain Minum Air dan Makan Sayur

Inilah 5 Cara Lancarkan BAB Selain Minum Air dan Makan Sayur

Sehatmagz – Menjaga kesehatan saluran cerna sangatlah penting, agar buang air besar (BAB) kita lancar dan tidak mengalami sembelit.

Rajin minum air putih dan rutin mengonsumsi sayuran, dipercaya dapat melancarakan buang air besar (BAB). Namun, di luar itu ada hal-hal lain yang ternyata dapat juga melancarkan buang air besar. 5 hal tersebut antara lain:

  1. Olahraga rutin

Aktivitas fisik dan olahraga rutin, penting untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Untuk itu, lakukan olahraga minimal 30 menit perhari.

Tidak usah olahraga berat, olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda, bisa menjadi pilihan.

“Ager feses bisa keluar, butuh gerak. Jadi kalau ada orang tiap pagi harus lari-lari dan minuam air  biar bisa BAB, itu sudah benar,” kata dr Ari Fahrial Syam, SpDD-KGEH dari RS Cipto Mangunkusumo.

  1. Tidak memaksakan atau menahan buang air

Duduk berlama-lama di toilet tidak membuat BAB lebih lancar. Bahkan, duduk terlalu lama di toilet disertai dengan mengejan meningkatkan risiko ambeien. Sebaliknya, menahan BAB malah membuatnya lebih sulit keluar nanti.

“Jika anda ingin BAB, segeralah BAB, jangan ditahan-tahan. Tapi, ketika anda tidak ingin BAB, jangan memaksakan diri duduk di kloset untuk BAB,” tutur Mitzi Dulan, RD penulis ‘The Pinterest Diet’.

 

  1. Tidak melewatkan sarapan

Penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins University mengatakan bahwa sarapan pagi dapat membuat buang air besar (BAB) lebih lancar. Syaratnya, sarapan harus dilakukan sebelum pukul 9 pagi.

Peneliti mengatakan bahwa umumnya jika sarapan, seseorang tidak akan makan terlalu banyak di siang hari yang bisa menyebabkan sakit perut atau konstipasi.

Jika seseorang sarapan di atas jam9 lalu dilanjutkan dengan makan siang pukul 12, lambung akan penuh dan BAB pun semakin sulit.

  1. Memijat area perineum

Studi yang diterbitkan Journal of General Internal Medicine menyebut, memijat area perineum dapat membuat BAB lebih mudah dan lancar. Area perineum adalah bagian antara anus dan alat vital.

Studi menyebut 72 persen partisipan yang melakukan pijat area perineum mengalami siklus BAB yang lebih baik.

“Pada wanita hamil, sudah lama dianjurkan memijat perineum agar bagian tersebut lebih rileks. Dengan begitu, diharap proses bersalin lebih mudah dan perineum tidak robek. Nah, kami berasumsi bahwa pemijatan perineum juga bisa merilekskan usus sehingga pencernaan lebih lancar,” kata ketua peneliti dr Ryan Abbott.

  1. Menghindari stres

Stres tutur dr Ari Fahrial, dapat membuat usus tegang. Akibatnya, kesehatan saluran cerna dapat terganggu.

Stres di otak, kemudian berdampak ke usus, seperti dikutip dari health.detik.com. Gerakan peristaltik usus terganggu, sehingga proses pembuangan kotoran terganggu.

“Memang berpengaruh. Stres dan sedih bikin jadi susah BAB. Terlalu cemas nanti malah mencret-mencret,” kata dr Ari.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.