Inilah Bedanya antara Anda Lapar Sungguhan atau Hanya Ingin “Ngemil”

Inilah Bedanya antara Anda Lapar Sungguhan atau Hanya Ingin “Ngemil”

Sehatmagz – Rasa lapar memang bisa menganggu kesibukan yang sedang dilakukan. Namun, tak semua rasa lapar harus dipuaskan.ketahui dulu apakah rasa ingin makan itu memang lapar sungguhan atau sekedar keinginan ngemil berlebihan (craving), yang dipicu oleh fakta emosional.

Lapar fisik atau lapar yang disebabkan perut kosong memilki ciri antara lain, datang secara bertahap, terasa di lambung, tak memilih makanan apa pun, dan mudah dipuaskan.

Berbeda dengan lapar karena faktor emosi, biasanya rasa lapar itu datang secara mendadak, kita hanya menginginkan makanan tertentu, dan sulit merasa puas walau sudah mengonsumsi dalam jumlah cukup banyak.

Bila rasa lapar anda dipicu faktor fisik, konsumsilah asupan yang bernutrisi, seperti protein atau sayuran. Namun, jika karena faktor emosi semata, kenali begaimana perasaan anda, apakah bosan, frustasi, atau ingin bermesraan. Lalu, carilah cara untuk mengurangi perasaan itu, misalnya dengan berjalan kaki, bermain kartu, atau membaca.

Saat anda makan, hindari hal-hal yang bisa memecah perhatian, seperti televisi. Fokuslah pada rasa dan tekstur makanan yang diasup, dan kunyahlah perlahan-lahan, seperti dilansir dari health.kompas.com.

Makan dengan pikiran yang terpusat membantu kita mengurangi asupan berlebihan dan meningkatkan kepuasan terhadap makanan sehingga kita tak gampang lapar.


Tags: Lapar, ngemil

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.