Jatuh Cinta Bisa Sebabkan Kenaikan Berat Badan, Benarkah?

Jatuh Cinta Bisa Sebabkan Kenaikan Berat Badan, Benarkah?

Sehatmagz – Pendapat yang menyatakan bahwa punya pasangan bisa membuat seseorang bertambah gemuk, ternyata benar adanya.

Para ahli percaya, fenomena ini tidak dapat dikaitkan dengan salah satu alasan tertentu, melainkan merupakan akumulasi dari perilaku dan pola pikir yang dimiliki oleh setiap pasangan yang akhirnya berujung pada “relationship weight gain”, atau penambahan berat badan saat seseorang terlibat dalam hubungan asmara.

Sederhananya, anda lebih mungkin untuk menikmati makan malam atau makan siang saat menyantapnya dengan orang yang anda cintai.

Dilanjutkan dengan menyantap seporsi hidangan penutup sambil berbincang tentang aktivitas di sepanjang hari atau berbagai rahasia intim. Ini menjadi salah satu alasan yang bisa menyumbangkan penambahan pada berat badan anda.

Dengan kata lain, relationship weight gain nyata bagi banyak orang.penambahan berat badan yang diperoleh bisa bervariasi dari individu ke individu, tetapi studi menunjukkan, wanita cenderung mengalami kenaikan berat badan kerika memutuskan untuk menikah dan tinggal bersama pasangannya.

Studi juga menemukan, pasangan yang bagagia setelah menikah, cenderung lebih mudah gemuk. Peneliti menilai, hal ini terjadi karena banyak orang yang menghubungkan berat badan dengan penampilan. Sehingga saat orang tersebut menikah, maka penampilan menjadi sesuatu yang kurang penting.

Mereka makan apa yang dianggap sehat, tak peduli membuat gemuk atau tidak, kata Andrea Meltzer, asisten profesor psikologi di Florida State University dan peneliti utama pada studi.

“Namun, bila pasangan lebih fokus pada manfaat kesehatan yang berhubungan dengan pemeliharaan berat badan, maka mereka sangat mungkin untuk menghindari kenaikan berat abdan yang tidak sehat,” lanjut Meltzer kepada The Huffington Post.

Meltzer mengungkapkan, walau relationship weight gain adalah nyata, masih ada cara sederhana untuk mencegah kenaikan berat badan berlebih.

Sebagai permulaan, anda bisa mencoba untuk memasak di rumah sesering mungkin, yang dapat menghemat sekitar 250 kalori, ketimbang sebuah hidangan restoran.

Anda juga dapat mengajak pasangan anda untuk berolahraga bersama. Sebab, sebuah penelitian mendapati, ketika anda berolahraga dengan orang lain, anda menjadi lebih produktif dan mengeluarkan lebih banyak keringat, seperti dilansir dari health.kompas.com.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.