Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Menghindari Efek Buruk “Junk Food”

Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Menghindari Efek Buruk “Junk Food”

Sehatmagz – Terkadang kita tak bisa menghindar untuk menikmati lezatnya makanan junk food ketika berkumpul bersama keluarga atau teman. Seperti banyak diketahui, menu makanan tersebut sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk menangkal efek buruk konsumsi junk food, dua orang ahli gizi Jessica Levinson dari Nutritioulicious dan Gina Hassick dari Eating Well menyarankan agar kita mengonsumsi 7 macam makanan berikut:

  1. Yoghurt + buah berry

Seporsi yoghurt plain dicampur dengan beberapa buah berry segar untuk menu sarapan, dapat menjadi awal baik untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

 

Yoghurt mengandung bakteri lactobacillus yang dapat membantu kinerja pencernaan dan mengurangi peradangan usus yang dipicu oleh makanan manis dan alkohol.

 

  1. Teh hijau

Minum teh hijau di pagi hari dipercaya dapat memberikan suntikan energi ekstra sebelum anda beraktifitas. Minuman ini kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh terlalu banyak makan makanan yang tak menyehatkan.

 

Beberapa penelitian menunjukkan, teh hijau membantu menstabilkan kadar gula darah dan meredakan hasrat makan. Menjadi solusi diet tepat saat anda sudah makan berlebihan.

 

  1. Air putih

Hidrasi adalah kunci sehat, terutama setelah makan malam berlebihan. Air akan membantu membersihkan racun, membantu pencernaan, dan melawan kembung.

 

  1. Omelet telur dan sayur

Telur tinggi protein mengandung asam amino sistein, yang memecah toksin dan alkohol (asetaldehida) dan membuangnya melalui urin.

Sedangkan, sayuran yang kaya serat seperti bayam dan tomat membantu pencernaan untuk bekerja dengan baik.

 

  1. Air jahe atau teh peppermint

Jika anda merasa perut sangat kembung atau kram atau mengalami gangguan pencernaan, jahe atau teh peppermint bisa menjadi “penawar” terbaik.

 

Keduanya berfungsi sebagai antispasmodic, yang akan membantu mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan anda dan memungkinkan gas untuk keluar dengan lebih mudah.

 

  1. Pisang

Jika anda jarang minum air, anda akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan anda kehilangan mineral baik seperti kalium.

 

Cara terbaik untuk mengembalikannya ialah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalium tinggi, seperti pisang, air kelapa dan kentang.

 

Mendapatkan cukup kalium juga akan membantu anda mengatasi efek kembung dan pusing akibat menelan terlalu banyak sodium dari makanan asin.

 

  1. Oatmeal

Oatmeal dengan irisan buah pir, jauh lebih baik ketimbang sarapan dengan telur atau yoghurt. Kombinasi antara keduanya menghasilkan makanan dengan serat sehat namun lembut bagi perut, seperti dikutip dari health.kompas.com.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.