Kopi dan Manfaatnya

Kopi dan Manfaatnya

Sehatmagz – Aktifitas minum kopi, selain dapat memberikan kenikmatan, ternyata baik juga untuk kesehatan.

Salah satu kandungan utama yang dimilki kopi adalah zat kafein. Seperti dikutip dari alodokter.com, kafein memiliki manfaat untuk menekan risiko sakit jantung dan diabetes, meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif, dan juga melindungi dari penyakit parkinson.

Dalam kopi juga ada Ethyphenol. Zat inilah yang menyebabkan kopi memiliki aroma khas. Ada pula, Quinic acid yang menentukan kadar asam dalam secangkir kopi. Makin banyak kandungan Quinic acid, semakin asam kandungan kopi yang anda minum. Selain keduanya, ada pula Dicaffeoylquinic acid yang berfungsi sebagai zat anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Selain kandungan senyawa di atas, ada pula kandungan lainnya seperti acetylemethylcarbinol yang berfungsi memberikan rasa gurih di lidah. Zat ini umumnya ditemukan pada mentega. Putrescine yang merupakan hasil pembusukan dari bakteri E coli. Serta kandungan Trigonelline pada kopi membuat gigi menjadi lebih kuat dan tidak gampang berlubang. Meski demikian, efek minum kopi dapat membuat si peminum memiliki gigi yang terlihat lebih kuning dan hitam.

Selain memiliki zat yang bermanfaat bagi tubuh, kopi juga memiliki kandungan zat yang tidak bermanfaat yang bernama Niacin. Zat ini memiliki kemampuan menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh. Oleh karenanya, meminum kopi setelah makan tidak dianjurkan.

Selain berfungsi sebagai antioksidan, kopi memiliki manfaat lain seperti meningkatkan gairah seks perempuan serta dapat meredakan rasa sakit di otot setelah berolahraga. Kedua hal tersebut akan berfungsi selama si penikmat kopi tidak masuk dalam kategori pecandu.

Manfaat lainnya, sebagaimana dilansir dari manfaatkopi.com, kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung dan stroke pada wanita, seperti dikutip dari majalahgontor. Bagi penderita diabetes, kopi dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi penyakit batu empedu, parkinson, penyakit jantung dan sirosis hati.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.