Mandi Air Dingin VS Air Panas, Manakah yang Lebih Sehat?

Mandi Air Dingin VS Air Panas, Manakah yang Lebih Sehat?

Sehatmagz – Mandi adalah bagian ritual sehat kita sehari-hari. Air dingin dan panas punya manfaat yang sama bagus untuk kesehatan kita. Mandi air panas bermanfaat meringankan ketegangan otot.

Pancuran air panas amat disarankan untuk melegakan ketegangan otot ini. Semburan air panas ini dapat memijat bahu, punggung dan leher kita.

Banyak studi sudah membuktikan mandi air panas juga meredakan saat kita mengalami serangan kecemasan. Mandi air panas juga melegakan saluran napas. Uap air panas itu melegakan dan melembabkan saluran hidung.

Mandi air dingin sejatinya juga bermanfaat untuk kesehatan. Menyalakan pancuran air dingin selama  sekitar limamenit terakhir waktu madi dapat “membangunkan” tubuh.

Perubahan mendadak suhu air bermanfaat menghilangkan kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan mental, seperti dikutip dari health.kompas.com. Mandi air dingin selama dua hingga tiga menit direkomendasikan untuk mengurangi depresi. Namun, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan terapi ini.

Mandi air dingin juga lebih bersahabat untuk rambut dan kulit kita. Air panas membuat rambut dan kulit jadi kering sementara air dingin bermanfaat melembabkannya.

 


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.