Mengapa Kurang Minum Bikin Otak Lambat Berpkir?

Mengapa Kurang Minum Bikin Otak Lambat Berpkir?

Sehatmagz – Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi. Efeknya, selain menyebabkan kulit terasa kering, pusing, dan mengganggu metabolisme tubuh, ternyata juga bisa menyebabkan kita menjadi tidak fokus.

Anggota Divisi Research and Scientific Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Shanty Olivia F Jasirwan menjelaskan, air diperlukan untuk fungsi kognitif dan meningkatkan konsentrasi.

“Air dibutuhkan untuk peredaran darah ke otak sehingga konsentrasi lebih baik,” kata Shanty.

Seperti ditulis dalam buku berjudul Mitos dan Fakta Air dan Hidrasi, kekurangan air satu persen berat badan saja sudah mengganggu kerja otak dan kemampuan berpikir. Kemudian, jika kurang 2 persen berat badan, bisa mengakibatkan penurunan konsentrasi dan daya ingat sesaat.

Ketua IHWG Budi Wikeko menambahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat telah membuktikan, kurang air atau dehidrasi berdampak buruk pada kecerdasan dan pendidikan anak, seperti dikutip dari health.kompas.com.

“Diteliti, anak-anak yang dehidrasi ternyata pendidikannya enggak bagus,” kata Budi. Sementara itu, penelitian Armstrong dan Liebermen pada pria dan wanita dewasa sehat juga membuktikan kaitan antara kurang minum dengan kerja otak.

Mereka yang kekurangan air sebanyak 1,5 persen dan 1,3 persen dari berat badan, mengalami gangguan kognitif dan mood. Pada wanita, sering kali mengalami kelelahan. Dampak buruk dehidrasi yang sering tak disadari antara lain menurunkan stamina dan produktivitas kerja, hingga meningkatkan risiko kecelakaan kerja karena kurang konsentrasi.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.