Mengapa Wanita Perlu Lebih Lama Waktu Tidur Dibandingkan Pria?

Mengapa Wanita Perlu Lebih Lama Waktu Tidur Dibandingkan Pria?

Sehatmagz – Para ahli mengatakan, wanita butuh 20 menit waktu tidur lebih alam daripada pria karena otak mereka lebih kompleks dan dipakai lebih banyak.

Menurut Yayasan Nasional Tidur AS, orang berusia di atas 18 tahun harus tidur sekitar 7-9 jam setiap malam agar sehat dan bugar.

“Otak wanita dan pria memang berbeda, serta lebih kompleks sehingga kebutuhan tidur mereka lebih besar. Rata-rata perlu 20 menit lebih lama, tapi ada juga yang lebih dari itu, atau sedikit lebih singkat,” kata Jim Horne, direktur pusat penelitian tidur dari Universitas Loughborough Inggris.

Selain itu, para wanita juga cenderung mengerjakan banyak hal pada waktu bersamaan (multitask), sehingga tentu saja mereka menggunakan otaknya lebih banyak.

Waktu tidur yang lama bukan hanya dibutuhkan sebagai cadangan energi tapi juga mereka mengalami kerugian yang lebih besar akibat kurang tidur.

“Bagi wanita, kurang tidur akan meningkatkan level stres, rasa marah, dan depresi. Sebaliknya, efek itu tak terlalu besar pada wanita yang kurang tidur,” kata Horne.

Fungsi utama dari tidur adalah memberi kesempatan bagi otak untuk memulihkan dan memperbaiki diri. Saat tidur, bagian otak yang disebut korteks yang bertanggung jawab pada daya ingat, bahasa, dan pemikiran, akan memperbaiki diri, seperti dilansir dari health.kompas.com.

“Makin banyak anda menggunakan otak di siang hari, maka butuh ia beristirahat dan memulihkan diri. Dengan kata lain, waktu tidur pun perlu lebih lama,” katanya.


Tags: tidur, wanita

Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.