Menurunkan Kolesterol dengan Makan Mentimun

Menurunkan Kolesterol dengan Makan Mentimun

Sehatmagz – Mentimun merupakan makanan murah, mudah didapat dan memiliki manfaat yang banyak. Maka, janganlah pernah anda menolak pemberian mentimun dari tukang rujak, tukang pempek, dan tukang nasi goreng.

Mentimun yang memiliki nama Latin Cucumis sativus itu ternyata kaya manfaat. Dalam situs whfoods.com, mentimun tercatat memilki sejumlah kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Yang terbesar adlah Vitamin K. Setiap 104 gram mentimun terdapat 19 persen kandungan vitamin K dan molybdenum sebesar 12 persen.

Selain keduanya, masih banyak kandungan senyawa lain yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) serta beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, rahim, hingga kanker prostat.

Penyajian mentimun dan melahapnya secara segar memilki manfat anti-oksidan dan anti-inflamasi atau peradangan bagi tubuh. Dalam prosesnya, mentimun menghambat aktivitas aktivitas enzim pro-inflamasi, meningkatkan status anti-oksidan serta membatasi pelepasan radikal bebas.

Selain itu,kandungan vitamin C, beta-karoten sebagai anti-oksidan konvensional menambah kuat argumen bahwa mentimun adalah salah satu sayuran antikanker.

Secara praktis, manfaat mentimun sebagaimana dilansir dari nationalgeographic.co.id, yaitu membantu kesehatan jantung. Kandungan potassium yang terdapat dalam mentimun juga berpengaruh pada pengurangan risiko terkena stroke.

Kandungan tanin dalam mentimun juga membatasi pelepasan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit. Sebagai ramuan tradisional, mentimun digunakan juga sebagai obat sakit kepala, sedangkan bijinya mempunyai efek mendinginkan dan diuretik. Mentimun dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat jerawat.

Tak hanya itu, mentimun juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Manfaat ini diraih karena mentimun mengandung fisetin, salah satu substansi anti-inflamasi. Karena kemampuan itu pula, gejala penyakit berupa degenerasi sistem saraf dapat dikurangi. Bagi pasien alzheimer, mengonsumsi mentimun dapat membantu fungsi kognisinya.

Selayaknya tanaman sayuran berserat yang memiliki kandungan air yang tinggi, mentimun juga bermanfaat untuk menambah produksi air liur. Seiring dengan bertambahnya produksi air liur, maka potensi bau mulut secara bertahap bisa dikurangi.

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting, mentimun sebagai antioksidan penyebab kanker. Salah satu alasan tersedianya acara mentimun dalam setiap makanan berminyak atau makanan panggang karena alasan ini.

Seperti dikutip dari majalahgontor, selain dapat mengurangi kolesterol, rupanya mentimun bermanfaat untuk menghambat dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Alasan utamanya adalah karena mentimun mengandung zat yang bernama lignan.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.