Olahraga Tepat untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Olahraga Tepat untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Sehatmagz – Olahraga merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Bahkan , sejumlah penelitian mengatakan, olahraga terbukti sebagai salah satu resep jitu untuk mencegah dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah aman bagi penderita tekanan darah rendah untuk berolahraga?

Bagi mereka dengan tekanan darah rendah, memang tak bisa sembarangan melakukan olahraga. Pasalnya, olahraga dapat menimbulkan efek penurunan tekanan darah. Sehingga, penderita akan merasakan beberapa gejala, seperti pusing, kepala terasa ringan, dan kesemutan saat berolahraga.

Namun, ini bukan berarti para penderita tekanan darah rendah tak boleh olahraga sama sekali. Menurut dokter Spesialis Kesehatan Olahraga, dr Sophia Hage, SpKO, sebetulnya dengan tetap berolahraga secara teratur, justru dapat membuat tekanan darah rendah menjadi stabil atau normal. Hal ini disebabkan adanya peningkatan kekuatan otot dan kebugaran jantung serta paru-paru, seprti dikutip dari health.kompas.com.

“Selain itu, kemampuan jantung akan memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh menjadi lebih efisien,” ucap dr Sophia.

Mereka yang bertekanan darah rendah dapat memilih olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan orga jantung dan paru-paru, sehingga dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Misalnya, renang, jalan cepat, mendayung, jogging, bersepeda, dan pilates.

Selain itu juga dapat memilih olahraga yang sifatnya dapat meningkatkan kekuatan otot, yakni latihan beban dengan intensitas ringan dan latihan kalistenik (olahraga yang menggunakan beban tubuh sendiri seperti pull up dan lain-lain).


Comments

comments

Comments

  1. Zafran Kumala
    Zafran Kumala 14 March, 2016, 16:49

    Wah, thanks banget nih gan! Infonya bermanfaat.
    Ane mau numpang share tadi liat inpoh bagus.
    Abis rafting kan bakar kalori tuh, bisa juga nih ikut kegiatan sosial yang unik. Namanya donor kalori di sini nih: http://on.fb.me/1QOlruW

    Reply this comment

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.