Rahasia Bakar Lebih Banyak Lemak: Olahraga Sebelum Sarapan

Rahasia Bakar Lebih Banyak Lemak: Olahraga Sebelum Sarapan

Sehatmagz – Olahraga pagi sebelum sarapan disebut dapat membantu anda dalam program penurunan berat badan. Hal ini dikemukakan oleh studi terbaru dari Inggris.

Dr Emma Stevenson dan rekannya Javier Gonzalez dari Northumbria University, Newcastle, melakukan penelitian kepada 12 orang pria dewasa sehat. Mereka diminta untuk berlari di treadmill pada pukul 10 pagi setiap harinya.

Hasilnya ditemukan bahwa partisipan yang berolahraga sebelum sarapan, membakar 20 persen lebih banyak daripada mereka yang olahraga setelah sarapan. Selain itu, berolahraga sebelum sarapan juga tidak menambah nafsu makan ketika makan siang.

“Unutk menyukseskan program penurunan berat badan, kita harus membakar lemak lebih banyak daripada mengonsumsinya. Karena itu, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah pagi hari sebelumsarapan ,” tutur Gonzalez.

Javier mengatakan olahraga membutuhkan tenaga yang bersumber dari kalori.jika olahraga dilakukan setelah sarapan, kalori yang digunakan bersumber dari makanan yang baru saja dimakan.

Sementara jika olahraga dilakukan sebelum sarapan, kalori yang digunakan berasal dari cadangan lemak yang tersimpan di tubuh. Dengan kata lain, olahraga sebelum sarapan membantu membakar lemak berlebih, seperti dikutip dari health.detik.com.

Meski begitu, Dr Emma Stevenson mengatakan studi ini bukan berarti mengecilkan peran sarapan. Sarapan tetap penting bagi pemenuhan nutrisi tubuh. Karena itu, ia menganjurkan agar olahraga dilakukan pagi hari, sekitar pukul6 atau 7, agar tetap bisa sarapan sebelum jam 9.

“Melewatkan sarapan atau bahkan tidak makan sama sekali adalah cara yang salah untuk menurunkan berat badan,” tegasnya.


Comments

comments

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.